Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Ternyata Hama Ini Yang Suka Menyengat Buah Matoa Hingga Busuk

Dasar Pertanian - Hama dan penyakit menjadi musuh utama bagi para petani, alasannya yakni akhir adanya hama dan penaykit tersebut, banyak diantara mereka yang mengalami gagal panen. Seperti yang baru-baru ini di alami seorang petani buah matoa yang harus mengalami kerugian total akhir seluruh buah matoa yang tinggal menunggu panen amis dan pecah-pecah kulitnya. Kalau satu atau dua buah sih tidak menjadi masalah, tetapi parahnya ini hampir seluruh buah matoa mengalami pecah pada episode kulitnya, sehingga dengan pecahnya kulit tersebut membuat buah tidak mampu dipanen dan hanya amis dan banyak dimakan serangga dan hama lainnya. Kira-kira hama apa yang menimbulkan buah matoa menjadi amis dan membuat petani gagal panen?

Salah satu hama yang berhasil kami temukan pada tanaman matoa dan mungkin saja hama ini menjadi faktor penyebab buah matoa menjadi busuk. Hama ini yakni lebah kecil atau tawon dengan ukuran yang sangat kecil sebesar lalat. Lebah ini saya perhatikan dan saya amati sedang menghisap cairan pada buah matoa. Akibat sengatan tersebut buah menjadi amis dan jatuh. Parahnya lagi, tidak hanya satu atau dua ekor saja yang menyentuh buah matoa ini, tapi jumlahnya lumayan banyak. Rata-rata seluruh episode tangkai buah di hinggapinya dan disengat.

 Hama dan penyakit menjadi musuh utama bagi para petani Ternyata Hama Ini Yang Suka Menyengat Buah Matoa Hingga Busuk
Gambar hama pada tanaman matoa ( Foto by Wahyu Hendro Wibowo/admin dasar-pertanian )


Jika tidak segera dilakukan pencegahan dan penanganan, maka seluruh buah matoa akan busuk, pecah, dan rontok sebelum mampu di panen. Bagaiamana cara melaksanakan pencegahan semoga buah matoa tidak amis dan mampu dipanen dengan maksimal? Salah satu caranya yakni dengan mencegah hama dan penaykit semoga tidak mengganggu tanaman matoa.
Silahkan baca : Cara Mencegah Agar Buah Matoa Tidak Diserang Hama dan Penyakit

Selain dengan melaksanakan pencegahan terhadap serangan hama dan penyakit, ada cara yang harus kita lakukan semoga tanaman matoa dapat berbuah maksimal, yaitu dengan memperlihatkan pupuk berkualitas. Lalu apa jenis pupuk untuk buah matoa yang baik dan dapat meningkatkan produksi buah matoa?
Baca disini : Pupuk Buah Matoa Yang Baik dan Berkualitas

Itulah sedikit isu wacana salah satu hama yang menyerang buah matoa, mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
Ternyata Hama Ini Yang Suka Menyengat Buah Matoa Hingga Busuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eks Harland
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :