Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Peluang Usaha Budidaya Semut Rangrang Dengan Media Toples

Saya mengetahui usaha rumahan semut rangrang ini dari teman saya. Dia menceritakan bahwa ada bisnis rumahan yang cukup menjanjikan prospeknya. Bisnis itu tidak lain adalah budidaya semut rang rang, di daerah saya biasa di sebut dengan angkrang. Semut rangrang adalah salah satu keluarga semut yang memiliki tubuh yang lumayan besar. Berwarna merah menyala, dan gigitanya bisa bikin kulit bentol – bentol. Dahulu sebelum dibudidayakan, para penjual kroto atau anak dari semut ini biasa mencarinya dari kebun satu ke kebun yang lain. Tentu cara ini cukup melelahkan dan memakan banyak tenaga. Hasil yang didapatkan pun juga tak seberapa. 
Peluang Usaha Budidaya Semut Rangrang Dengan Media Toples
Image Source Wikipedia

Semut rangrang biasa diambil larva dan pupa kalau di jawa biasa di sebut kroto. Fungsi kroto bermacam – macam, namun yang umum adalah sebagai pakan burung berkicau tidak hanya itu, kadang orang yang hobi memancing menggunakan kroto sebagai umpan. Dari segi gizi sendiri kroto banyak mengandung protein yang sangat bagus buat kesehatan burung apa lagi burung yang akan dilombakan.

Cara budidaya Semut Rangrang Secara Rumahan

Dalam budidaya semut ini, media yang digunakan umumnya adalah menggunakan toples plastik. Dan di setiap toples diisi dengan satu koloni semut rangrang. Pertama yang anda butuhkan adalah satu koloni semut rangrang, anda bisa menemukanya di kebun terutama pada pohon yang daunya lebar. Sebaiknya anda berburu sarang saat musim kemarau karena semut rangrang akan membuat sarang pada bagian pohon yang lebih rendah. Namun jika anda malas untuk mencari, banyak penyedia semut rangrang dalam toples yang sudah siap diternakkan, dengan harga 50 ribu per toplesnya.

Untuk sarang yang berasal dari alam pertama harus di bongkar dulu sarangnya untuk kemudian ditaruh dalam wadah . Untuk menaruh sendiri tidak bisa secara langsung ditaruh toples perlu cara khusus agar semut rangrang membuat sarang mereka kembali secara alami. Siapkan alas yang sudah diisi air dan campuran oli (agar semut tidak keluar kemana - mana). Kemuadian siapkan juga toples yang sudah dilubangi bagian bawahnya fungsinya untuk tempat masuk semut rangrang. Jangan lupa juga lubangi beberapa bagian toples untuk ruang udara masuk. Lubangi bagian atas dan taruh wadah kecil untuk tempat makan. Untuk wadah yang kedua sama juga diberi lubang. Semprot lidi atau kayu dengan air gula kemudian pasang kira - kira seperti gambar dibawah ini.


Budidaya semut rang - rang media toples
Contoh pembibitan semut rang rang.


Waktu perpindahan berkisar antara 1 – 2 hari.sesudah selesai pindah ke toples sarang, anda dapat menaruhnya di rak - rak atau di atas meja.

Pakan Semut Rang - Rang Berkualitas

Untuk pakan sebenarnya tidak perlu pusing karena di alam semut ini biasa makan serangga – serangga kecil. Namun untuk meningkatkan kualitas kroto yang dihasilkan. Anda dapat memberi makan dengan cacing hongkong dan jangkrik. Untuk minumnya dikasih air gula sebagai asupan karbohidrat bagi semut rangrang. Usahakan air gulanya tidak terlalu encer alias kental. Kalau ingin lebih hemat anda dapat memberi makan dengan ikan yang disuir kecil – kecil.

Panen Anak Semut Rang – Rang atau Kroto

Larva yang sudah bisa di panen berumur kisaran 10 – 20 hari. Cara memanennya adalah tuangkan toples sarang semut rangrang ke dalam toples tempat pembibitan. Ambil sedikit – sedikit anak dari semut rangrang. Setelah selesai, ulangi tahap pertama seperti diatas untuk pembibitan kembali.

Sekian dari saya kunjungi terus situs ini mulaiusaharumahan.blogspot.com
Peluang Usaha Budidaya Semut Rangrang Dengan Media Toples Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eks Harland
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :