Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Pentingnya Menjadwal Pemupukan Kelapa Sawit

Dasar Pertanian - Budidaya kelapa sawit memang mampu menjanjikan kita kaya, namun hal itu dapat terwujud apabila kelapa sawit yang kita tanam dapat berbuah maksimal. Seperti apa sih kelapa sawit yang berbuah maksimal itu? Kelapa sawit yang berbuah maksimal yaitu kelapa sawit tersebut memiliki buah yang besar dan berkualitas, kualitasnya dapat teruji dari bentuk buahnya maupun pohonnya. Biasa kelapa sawit yang berkualitas memiliki bobot luar biasa dan ukuran yang besar. Untuk memiliki kelapa sawit berkualitas ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya yaitu proses pemupukan. Memupuk kelapa sawit harus sesuai jadwal pemupukan. Lantas apa pentingnya menjadwal pemupukan kelapa sawit?

Menjadwal pemupukan yaitu kita berusaha memupuk tanaman dengan teratur sesuai dengan aturan dan kebutuhan tanaman. Kalau kita menanam sawit dan pemupukannya tidak terjadwal, maka hasil panen juga tidak akan maksimal. Sebagai referensi kita memupuk sawit di awal tahun, kemudian dua tahun kemudian gres kita pupuk kembali, dengan cara pemupukan demikian tentu saja tidak akan membuat tanaman sawit berbuah secara teratur. Bisa jadi itu merupakan penyebab utama sawit tidak berbuah. Kaprikornus sangat penting sekali menjadwal pemupukan kelapa sawit ini.

 Budidaya kelapa sawit memang mampu menjanjikan kita kaya Pentingnya Menjadwal Pemupukan Kelapa Sawit


Pentingnya Menjadwal Pemupukan Kelapa Sawit


1. Sawit dapat berbuah secara teratur

Manfaat penjadwalan pemupukan kelapa sawit yang pertama yaitu tanaman akan berbuah secara teratur. Berbeda jikalau pemupukan tidak bersiklus dan asal-asalan, maka akibatnya juga tidak akan maksimal. Bisa saja sawit berbuahnya hanya satu atau dua janjang saja dan itupun jarang sekali dan lama.

2. Memudahkan kita untuk mengatur pemupukan

Jika pemupukan sawit kita jadwal, maka ini sangat memudahkan kita dalam memupuk kelapa sawit. Kapan saatnya memupuk sawit sudah ada dalam jadwal yang kita buat, jadi kita hanya tinggal melihat jadwal saja.

Silahkan baca juga : Dosis Pemupukan Kelapa Sawit Yang Paling Tepat

3. Kualitas buah sawit menjadi baik

Apa korelasi antara jadwal pemupukan dengan kualitas sawit? Jelas ada hubungannya, sebab jikalau kita menjadwal pemupukan sawit itu berarti kita teratur menunjukkan nutrisi bagi tanaman kelapa sawit. Sama dengan manusia, jikalau diberi makan sesuai jadwalnya badan akan mencerna makanan dengan baik. Nah sawit pun demikian halnya, akan tepat dalam mencerna pupuk dan menyalurkannya pada buah.

4. Kita mampu memperkirakan kebutuhan dana

Pentinya menjadwal pemupukan kelapa sawit juga dapat membuat kita mudah dalam memperkirakan kebutuhan dana yang akan kita keluarkan. Dengan adanya jadwal pemupukan, otomatis kita sudah memperhitungkan biaya pengeluaran untuk membeli pupuk. Jika tidak ada jadwal pemupukan kita akan kaget bila tiba-tiba sawit down dalam produksi buah dan keuangan kita sedang menipis.

Kaprikornus begitu pentingnya menjadwal pemupukan kelapa sawit ini maka mulai sekarang jikalau anda memiliki kebun kelapa sawit sebaiknya anda membuat jadwal pemupukan kelapa sawit. Semoga adanya artikel sederhana ini dapat menginspirasi anda semua dan menunjukkan manfaat bagi pembaca pada umumnya. Salam pertanian
Pentingnya Menjadwal Pemupukan Kelapa Sawit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eks Harland
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :