Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Buah Matoa Banyak Yang Pecah, Petani Rugi Total

Rambah Samo - Akibat buah matoa pecah dan retak pada episode kulitnya membuat petani merugi total. Bagaimana tidak rugi, hampir seluruh buah matoa yang tinggal menunggu panen mengalami pecah-pecah dan sebagian lagi berjatuhan alasannya yaitu dimakan hama. Berdasarkan hasil pengamatan yang saya lakukan kemarin di Desa Rambah Baru Kecamatan Rambah Samo, tepatnya pada hari jum'at 22/09/2017 sekitar pukul 15.00 WIB di rumah salah satu petani yang menanam pohon matoa sungguh sangat menyedihkan. Hampir seluruh buah matoa mengalami retak dan pecah kulitnya.

Menurut Bapak Badowi, seorang petani padi yang juga membudidayakan pohon matoa, kejadian ini sering terjadi terutama pada demam isu kemarau panjang. Entah apa penyebab buah matoa mengalami pecah kulit menjelang masa panen dia juga tidak tahu pasti.
" Sudah dua kali pohon matoa ini mengalami pecah kulit, dua demam isu sebelumnya juga mengalami hal ini, entah apa penyebabnya saya juga tidak tahu " 
Begitu kata Pak Badowi saat saya wawancarai kemaren.

Menarik untuk dibaca : 


Buah matoa mengalami pecah kulit ( Foto by admin dasar-pertanian )

Sebenarnya pecah kulit pada buah matoa menjelang masa panen terjadi alasannya yaitu beberapa faktor, mampu alasannya yaitu faktor cuaca yang ekstrim atau cuaca tidak menentu, faktor serangan hama dan penyakit, dan juga alasannya yaitu kurang asupan unsur hara menyerupai kalsiaum dan kalium. Kejadian menyerupai ini sudah tidak abnormal terdengar, alasannya yaitu perubahan demam isu dan drastis menjadi salah satu penyebabnya..
Buah Matoa Banyak Yang Pecah, Petani Rugi Total Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eks Harland
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :