Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Penyebab Kulit Buah Matoa Pecah-Pecah dan Cara Mencegahnya

Dasar Pertanian - Pernahkah anda mengalami gagal panen buah matoa gara-gara hampir semua kulit buah matoa mengalami retak dan pecah bahkan sebagian banyak yang busuk? Jika itu pernah terjadi pada tanaman matoa anda, maka anda tidak perlu lagi risau untuk kedepannya, alasannya ialah dengan membaca artikel di dasar-pertanian ini anda akan menemukan solusinya. Belum lama ini berbagai petani matoa yang duka alasannya ialah gagal panen lantaran hampir seluruh buah matoa mereka mengalami keretakan pada kulitnya atau pecah-pecah. Dengan pecahnya kulit tersebut tentu akan memancing mikroorganisme menyerupai lalat, lebah, dan serangga atau hama lainnya untuk masuk kedalam buah dan menghisapnya. Akhirnya buah matoa akan kedaluwarsa dan rontok.

Apa penyebab kulit matoa pecah-pecah dan bagaimana cara mencegahnya? Berikut ini beberapa gambar buah matoa yang mengalami pecah kulit. 

 Pernahkah anda mengalami gagal panen buah matoa gara Penyebab Kulit Buah Matoa Pecah-Pecah dan Cara Mencegahnya

 Pernahkah anda mengalami gagal panen buah matoa gara Penyebab Kulit Buah Matoa Pecah-Pecah dan Cara Mencegahnya

 Pernahkah anda mengalami gagal panen buah matoa gara Penyebab Kulit Buah Matoa Pecah-Pecah dan Cara Mencegahnya
Gambar hama pada buah matoa sedang menghisap cairan buah


Penyebab Kulit Kulit Buah Matoa Pecah-Pecah


1. Kondisi cuaca yang tidak menentu

Penyebab kulit buah matoa pecah-pecah mampu terjadi alasannya ialah pengaruh cuaca yang tidak menentu. Biasanya cuaca panas atau kemarau yang panjang, kemudian tiba-tiba datang hujan mengguyur tanaman. Lantas kok mampu terjadi hal demikian, bukannya justru ada hujan malah bagus? Begini penjelasannya, retak kulita buah matoa atau pecah kulit itu terjadi alasannya ialah tanaman kaget atau tidak siap mendapatkan air pada kondisi kering dan panas yang berlangsung lama. Sehingga akar tanaman secara cepat akan menyerap unsur hara dan segera mengirimkannya pada buah. Nah akhir serapan unsur hara yang begitu cepat dan tiba-tiba, maka buah akan mengimbangi dengan pribadi memperbesar ukuran, tetapi daya elastisitas kulit lemah sehingga akan mudah retak dan pecah.

2. Serangan hama dan penyakit

Penyebab kulit buah matoa pecah-pecah juga mampu terjadi alasannya ialah adanya serangan hama dan penyakit yang mengganggu. Contohnya saja hama tawon atau lebah yang suka menyuntikkan racun pada dikala buah matoa sedang berbuah, sehingga tidak hingga buah matang sudah pecah dan kedaluwarsa terlebih dahulu.

Artikel menarik lainnya : 

3. Kekurangan unsur hara mikro

Salah satu penyebab kulit buah matoa menjadi pecah mampu juga alasannya ialah tanaman kekurangan unsur hara mikro menyerupai kalsium dan kalium. Kekurangan aasupan mikro pada tanaman dapat menimbulkan dinding sel pada kulit buah menjadi tidak elastis. Selain itu kekurangn asupan kalsium dan kalium pada tanaman dapat menimbulkan bagian-bagian tanaman menyerupai batang, ranting, cabang, serta tangkai buah menjadi lemah.


Namun kalau retak dan pecah kulit buah matoa terjadi secara massal, mungkin hal itu alasannya ialah faktor cuaca, menyerupai yang ada pada point pertama tadi. Makara untuk mengatasi dan mencegahnya anda mampu melaksanakan penyiraman pada tanaman setiap hari secara rutin, menawarkan asupan unsur hara menyerupai kalsium dan kalium, serta memberantas hama dan penyakit. Mudah-mudahan isu ini dapat menawarkan wawasan dan pengetahuan bagi anda semua. Semoga bermanfaat.
Penyebab Kulit Buah Matoa Pecah-Pecah dan Cara Mencegahnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :