Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Kumpulan Contoh Proposal Usaha Terbaru

Contoh Proposal Usaha - Ketika awal pendirian dan pembuatan usaha atau bisnis sangat diperlukan adanya proposal. Fungsi proposal disini untuk mengajukan ijin usaha dan bisa juga untuk mendapatkan modal dari investor. Modal merupakan hal yang sangat penting, sebagai pebisnis yang profesional skill dalam mencari investor merupakal hal wajib. Karena dengan modal besar bisnis anda akan cepat berkembang.

Salah satu kelebihan dari mendapatkan investor adalah anda tidak perlu dipusingkan dengan sistem birokrasi bank yang rumit. Jadi semakin banyak investor maka modal yang anda miliki juga semakin besar. Namun yang harus anda perhatikan adalah pertanggung jawaban dalam pengolahan danan tersebut.
contoh proposal usaha
Menulis Proposal Usaha

Biarpun terlihat sederhana proposal usaha bisa menjadi ujung tombak dari pengajuan pinjaman modal anda. Namun masih banyak pengusaha kecil yang tidak tahu cara membuat proposal usaha yang benar. Untuk itu saya akan memberikan contoh proposal usaha yang dapat anda download di ahir artikel ini.

Contoh Pembuatan Proposal Usaha Kecil dan Bisnis Plan Yang benar

1. Penulisan

Dalam penulisan sebaiknya anda perhatikan jenis font dan ukuranya. Untuk proposal yang umum menggunakan jenis font Times New Roman dengan ukuran 12. Dan spasi tiap kalimat 1.5. Jika anda tidak begitu faham menggunakan office, mintalah bantuan Jasa pengetikan.

2. Format Proposal Usaha

Dalam proposal biasanya dibagi dalam beberapa bab. Untuk lebih lengkapnya silahkan anda simak beberapa penjelasan berikut ini:

Pendahuluan

Pada bab ini anda harus menjelaskan usaha anda secara gamblang. Seperti nama usaha, alamat, pemilik dan informasi tentang usaha yang sedang anda jalankan.

Rangkuman Eksekutif

Di bab ini jelaskan visi, misi dan tujuan dari usaha anda kedepanya. Kemudian tambahkan analisis SWOT (Streght, Weaknes, Oportunity, Threaty) yang berisi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman pada bisnis anda. Jelaskan secara rinci dan gamblang sehingga investor merasa bisnis anda prospeknya cerah untuk kedepanya.

Analisis Industri

Analisis industri berisi hampir sama dengan "Rangkuman Eksekutif" namun disini anda harus menjelaskan lagi lebih detil. Diantaranya mengenai perspektif masa depan, Analisis persaingan dan segmen pasar.

Deskripsi Usaha

Sesuai dengan namanya bab ini menjelaskan tentang isi atau proses dari usaha anda. Seperti produk pelayanan dan peralatan yang digunakan didalamnya.

Rencana Produksi

Merupakan rencana dari usaha anda ketika sudah berjalan.  Bab ini merupakan lanjutan dari Deskripsi Usaha. Namun lebih terfokus pada sistem pembuatan produk anda. Seperti bahan yang digunakan, cara, dan dari mana anda mendapatkan bahan bakunya.

Rencana Pemasaran

Rencana anda dalam memasarkan produk usaha. Berisi distribusi, harga produk dan promosi yang dilakukan untuk mengenalkan produk pada masyarakat. Selain itu tambahkan rencana pengembangan lebih lanjut produk yang anda miliki.

Rencana Organisasi

Rencana organisasi dalam usaha anda. Isinya dapat berupa bagian – bagian yang nantinya akan ada dalam usaha anda. Contohnya personalia, marketing, manager dll. Namun jika usaha yang anda tekuni bukan bisnis besar, anda tidak perlu menuliskan ini. Atau cukup ditulis dengan Pemilik dan karyawan.

Resiko Usaha

Tulis resiko – resiko yang mungkin mengancam usaha. Meskipun hal ini belum terjadi, anda dapat mengira – ngira hal apa saja yang dapat menjadi kendala. Sebagai contohnya jika anda berbisnis baju kendala atau resikonya adalah bahan baku berupa kain yang langka.

Rencana Permodalan

Merupakan rencana keuangan seperti sumber modal kemudian nilai investasi serta uraian semua harga bahan yang anda gunakan.

APENDIKS

Di bab ini anda hanya perlu melampirkan surat ijin yang sudah anda dapat.

Penutup

Berisi kesimpulan ahir dari semua proposal usaha yang anda buat dan saran untuk usaha anda kedepanya.

Sekian penjelasan dari saya tentang Proposal Usaha, semoga bermanfaat buat anda. Untuk lebih jelasnya anda dapat mengunduh contoh – contoh proposal usaha disini
Kumpulan Contoh Proposal Usaha Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :