Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Pesan Jokowi Ke Jonan: Tahun Depan Semua Desa Terang Benderang

Pesan Jokowi ke Jonan: Tahun Depan Semua Desa Terang Benderang Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance

Nabire - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri ESDM, Ignasius Jonan dan PT PLN melistrik seluruh desa di Papua. Jokowi ingin desa-desa di terang benderang tahun depan.

"Saya sudah perintahkan Menteri ESDM dibantu PLN, tahun depan semua desa harus terang benderang. Memang tidak mudah mengerjakan namanya listrik di Papua, medan sangat berat. Bergunung-gunung, kalau mau bawa tiang listrik saja harus nyebur, lalu digotong ke atas bukit oleh orang-orang. Artinya medannya sangat berat, tapi seberat apapun medan harus bisa kita taklukan dan desa-desa di Papua terang benderang," ujar Jokowi saat meresmikan proyek PLTMG di Nabire, Papua, Rabu (20/12/2017).

Jokowi mengatakan, bahwa saat ini terdapat 3.000 desa di Indonesia yang belum mendapatkan aliran listrik. Dari 3.000 desa tersebut, 2.000 di antaranya berada di wilayah Papua.


"Kita patut bersyukur sekarang dan sampai saat ini, hanya kurang di desa yang belum ada listriknya itu 3.000 (desa). Tapi yang paling banyak itu di tanah Papua, 2.000 (desa)," kata Jokowi.

Selain itu, kata Jokowi, listrik merupakan salah satu elemen yang penting bagi masyarakat, khususnya di Papua. Dengan listrik, anak-anak Papua bisa belajar di malam hari. Usaha-usaha warga juga bisa lebih berkembang karena ketersediaan listrik.


Hadirnya listrik di Papua akan menarik investir menanam modal di Papua. Listrik, tegas Jokowi, menjadi kunci investasi di Papua.

"Supaya usaha-usaha rakyat di desa terus berkembang dan tentu saja anak-anak kita bisa belajar di malam hari dengan baik, karena listriknya ada. Kemudian juga orang yang mau membangun hotel di Nabire, Papua, Papua Barat, karena listriknya ada. Listrik menjadi kunci investasi di Papua," kata Jokowi.


Jokowi menambahkan, dengan hadirnya PLTMG 20 MW di Nabire dan PLTMG 50 MW di Jayapura ini, seluruh desa di bisa terang terang benderang, dan Papua tidak kekurangan listrik seperti saat ini.

"Dengan beroperasinya pembangkit listrik gas di Nabire dan Jayapura kebutuhan listrik di Papua bisa kita penuhi," pungkas Jokowi.
Pesan Jokowi Ke Jonan: Tahun Depan Semua Desa Terang Benderang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :