Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Jokowi: Sedih, Anak Saya Tak Mau Teruskan Usaha Mebel

Jokowi: Sedih, Anak Saya Tak Mau Teruskan Usaha MebelFoto: Dok. ANTARA Foto/Puspa Perwitasari

Bandung - Jokowi bercerita soal kesuksesan usaha mebel yang dijalankan 27 tahun terakhir ini. Namun, ia mengaku kaget sekaligus sedih kedua putranya Gibra Rakabuming dan Kaesang Pangarep tidak mau meneruskan usahanya tersebut.

Jokowi hadir dalam acara Entrepreneurs Wanted ke 8 di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Jalan Tamansari, Kota Bandung, Senin (18/12/2017). Hadir juga ribuan mahasiswa dan siswa yang tertarik untuk menjadi wirausahawan.

Jokowi mengatakan usaha mebel yang dijalaninya saat ini terbilang cukup sukses. Sebab, sambung dia, mebelnya masih rutin mengirim produknya ke luar negeri seperti Eropa dan Asia.


"Yang saya sedih anak saya enggak ada yang mau urusi usaha saya. Padahal pabrik ada, karyawan ada," ungkap Jokowi dihadapan ribuan undangan.

Namun, yang membuat Jokowi kaget putra sulungnya Gibran Rakabuming malah membuka usaha kuliner berupa martabak yang dikenal saat ini Markobar. Jokowi mengaku heran dengan keputusan Gibran saat itu.

"Yang lebih kaget anak saya pertama bilang mau jualan martabak. Saya syok saya bayangin jualan martabak," tutur dia.


Seiring berjalannya waktu, keraguan Jokowi pada usaha yang dijalankan Gibran dibayar kesuksesan putranya. Usaha martabak yang dijalankan Gibran ternyata brand value Markobar jauh lebih tinggi dibandingkan mebelnya.

"Kurang 5 tahun brand value pabrik saya dengan martabak (Gibran) 5 kali lipat lebih tinggi nilai martabaknya. Inilah saya kira pikiran anak muda iang sering banyak tidak ngerti. Kalau pengusaha dulu pabrik gede dan banyak ekspor itu bangga. Tapi sekarang yang dijual brand value," jelas dia.

Alih-alih berharap ada penerus usaha mebelnya, purta bungsu Kaesang Pangarep malah memilih membuka usaha pisang goreng. Jokowi hanya bisa geleng-geleng meski akhirnya mengizinkan Kaesang untuk menjalankan usahanya tersebut.

"Anak saya yang paling kecil, baru 3 bulan ini ngomong ke saya mau jualan pisang goreng. Karena pengalaman pertama (Gibran) sudah 5 kali lipat lebih tinggi brand value-nya saya izinkan (Kaesang)," kata dia.

Jokowi menyimpulkan dari pengalaman pribadinya tersebut, bahwa peluang usaha saat ini sangat terbuka lebar terutama untuk anak muda. Kemajuan teknologi sangat membantu para pengusaha untuk memasarkan produknya secara luas.

"Jadi kesimpulannya memang usaha sekarang sangat terbuka lebar di Indonesia. Apalagi di era ekonomi digital saat ini," kata Jokowi.
Jokowi: Sedih, Anak Saya Tak Mau Teruskan Usaha Mebel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :