Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Jelang Tahun Baru, Pasokan Harga Sembako Di Papua Barat Stabil

Jelang Tahun Baru, Pasokan & Harga Sembako di Papua Barat StabilIlustrasi/Foto: Puti Aini Yasmin

Manokwari - Kementerian Pertanian memantau kondisi harga pangan di Papua Barat sepanjang tahun 2017 stabil. Hal tersebut menunjukkan tingkat stabilitas pasokan dan harga pangan di Papua Barat terjaga dengan baik.

Dalam rilis Kementan seperti dikutip, Selasa (19/12/2017), harga pangan yang stabil antara lain, jagung, kedelai, bawang merah, cabai merah keriting, daging sapi murni, dan gula pasir. Beberapa harga komoditas pangan tahun 2017 bahkan cenderung turun dibanding tahun 2016, misalnya bawang merah turun 1,95%, daging ayam ras 7,72%, terigu 3,98%, gula pasir 7,75%, bahkan telur ayam turun sekitar 15,4%.

"Secara umum ketersediaan komoditas pangan pokok / strategis nasional seperti beras, jagung, minyak goreng, bawang merah, cabai (besar dan rawit), daging dan telur ayam ras surplus sehingga aman. Namun terdapat 2 komoditas yang ketersediaan produksinya masih defisit, yaitu kedelai dan daging sapi, sehingga dipenuhi dari impor," ujar Kepala Bidang Distribusi BKP (Badan Ketahanan Pangan) Kementerian Pertanian, Liek Irianti, dalam keterangan tertulisnya.

Irianti menjelaskan ketersediaan produksi gula pasir defisit, namun masih bisa dipenuhi dari carry over produksi bulan sebelumnya (surplus) sehingga selama HBKN Natal-Tahun Baru diprediksi aman.

"Kekurangan daging sapi sudah diantisipasi dengan penyediaan daging sapi/kerbau sekitar 70,66 ribu ton, terdiri dari sapi siap potong lokal 173,99 ribu ekor setara 29,60 ribu ton, sapi siap potong eks-impor 55,29 ribu ekor setara 11,0 ribu ton, stok daging sapi di 57 gudang importir 11,25 ribu ton, stok daging kerbau di Bulog 18,81 ribu ton," kata Irianti.

"Dengan total kebutuhan bulan Desember sekitar 50,5 ribu ton, maka masih terdapat surplus sekitar 20,18 ribu ton," tambah Irianti.

Sementara itu Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani, mengatakan ketersediaan bahan pokok harus dikendalikan agar tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

"Harapan kita agar terwujud kestabilan harga pangan dan kebutuhan pokok tersedia dengan cukup dan aman," kata Lakotani.

Lakotani mengatakan itu saat memimpin rakor pangan menjelang Natal dan tahun baru 2018 di Kantor Gubernur Papua, Manokwari, hari ini.

"Untuk itu perlu terus lakukan pemantauan dan melaporkan perkembangan harga pangan, serta hambatan distribusi dan jumlah stok pangan," lanjutnya.

Ketua Satgas Pangan Papua Barat Fredrik Tuasela menegaskan bahwa untuk menjaga ketersediaan pangan, masyarakat diharap untuk tidak menimbun bahan pangan.

"Penindakan akan dilakukan bagi pelaku usaha pangan yang melakukan penyelewengan, ini adalah langkah terakhir yang akan kami lakukan," jelas Fredrik.

Berdasarkan data Bulog, bahwa stok 8 komoditas Bulog yang dikelola, aman, masyarakat tidak perlu khawatir. Khusus untuk komoditas beras Bulog bahkan sudah memiliki stok sebesar 1,1 juta ton, sehingga dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan nasional, setidaknya untuk sekitar 5 bulan ke depan.

Adapun stok Bulog untuk komoditas lainnya yaitu gula pasir 413,34 ribu ton, jagung 29,35 ribu ton, daging sapi 18 ton, daging kerbau 17,77 ribu ton, bawang merah 30 ton, bawang putih 293 ton, dan minyak goreng 1,18 juta liter.

Turut hadir dalam rakor pangan perwakilan BKP Kementerian Pertanian, wakil dari Bulog, Satgas Pangan, Bank Indonesia, Dinas Perdagangan, Pelindo, para Kepala Dinas baik provinsi maupun kabupaten di Papua Barat, serta pemangku kepentingan terkait.
Jelang Tahun Baru, Pasokan Harga Sembako Di Papua Barat Stabil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :