Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Di Depan Pengusaha, Sri Mulyani Janji Bakal Hati-Hati Soal Pajak

Di Depan Pengusaha, Sri Mulyani Janji Bakal Hati-hati Soal PajakFoto: Ardan Adhi Chandra

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan berhati-hati menciptakan sekaligus menjalankan kebijakan pajak. Sehingga tidak membuat keresahan dan kegaduhan di masyarakat, khususnya kalangan dunia usaha.

Target penerimaan pajak tahun depan adalah Rp 1.385,9 triliun, naik sekitar 10% dibandingkan posisi 2017.

"Kemenkeu akan terus bekerja secara cermat dan hati-hati sehingga kebutuhan penerimaan pajak tidak menimbulkan noise atau keresahan yang tidak perlu," ungkap Sri Mulyani dalam dialog perpajakan dengan pengusaha di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Senin (18/12/2017).


Reformasi pajak sudah berjalan. Sri Mulyani memastikan secara prinsip tidak ada yang baru akan tetapi instansi bekerja lebih rapi dan sistematis. "Jadi beberapa kemungkinan terjadinya accident bisa kita minimalkan," imbuhnya.

Pajak adalah keharusan, karena diatur sesuai undang-undang (UU). Wajib pajak, dalam hal ini pengusaha juga diberikan kesempatan untuk memberikan kritik sekaligus menyampaikan keresahan. Ini bentuk pemerintah segan dengan pengusaha.

"Bagaimana wajib pajak menyampaikan keresahannya akan terbuka lebar, dinamika saling menghormati dan memahami fungsi masing-masing dan segan dengan anda karena anda adalah pihak yang menciptakan kesempatan kerja, pembaruan, inovasi dan efisiensi sebagai motor untuk menggerakkan Indonesia," terang Sri Mulyani.

Agar semua berjalan baik, Sri Mulyani juga meminta agar pengusaha juga segan dengan pemerintah. "Kami harap bapak ibu sekalian segan juga kepada kami bukan karena takut tapi karena ini yang diamanatkan oleh UU kita bahwa negara kumpulkan pajak maka kami tetapkan itu dengan tertib," ujarnya.

Sri Mulyani mengakui susahnya mengumpulkan pajak. Tidak seperti posisi yang sebelumnya dijalankan oleh Dirjen Pajak Robert Pakpahan, yaitu Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko yang berhubungan dengan penarikan utang. "Ternyata Pak Robert ngumpulin duit susah, ngumpulin utang gampang," imbuhnya.

Di Depan Pengusaha, Sri Mulyani Janji Bakal Hati-Hati Soal Pajak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :