Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Manfaat Tanaman Penutup Tanah (LCC) Terhadap Tanaman Sawit

Dasar Pertanian - Tanaman penutup tanah ( Legum Cover Crop/LCC ) yaitu sejenis rumput menjalar yang memiliki banyak kegunaan terhadap tanaman ibarat sawit, karet, dan jenis tanaman keras lainnya. Penggunaan rumput penutup tanah ini sangat mengagumkan terutama pada lahan sawit. Kenapa rumput ini mengagumkan sekali untuk tanaman sawit? Karena dengan tumbuhnya rumput khusus ini dapat meminimalisir tumbuhnya gulma liar, dapat juga membuat tekstur tanah pada lahan sawit menjadi gembur dan subur, dan masih banyak lagi manfaat tanaman penutup tanah terhadap tanaman sawit. Maka dari itu terus simak dan baca artikel ini hingga habis.

Perlu anda pahami bahwa tanaman penutup tanah atau biasa di kenal dengan nama Legum Cover Crop (LCC) ini memiliki ciri-ciri tumbuh menjalar atau merambat. Ada juga yang tidak menjalar, dan hampir ibarat dengan tanaman kacang tanah serta memiliki bunga kuning. Salah satu pola yang mungkin anda pernah melihatnya yaitu rumput kacangan. Rumput kacang-kacangan yaitu salah satu jenis tanaman penutup tanah yang paling banyak di aplikasikan pada lahan sawit dan karet. Cara membudidayakan rumput kacang-kacangan ini sangat mudah sekali. Pertumbuhan rumput kacangan ini juga sangat cepat, sehingga dapat membuat lahan sawit anda menjadi tetap subur dan memiliki unsur hara yang banyak.
Baca juga : Jenis-jenis Tanaman Penutup Tanah

Apa saja kegunaan dari tanaman penutup tanah bagi lahan sawit atau laha karet? Berikut ini beberapa manfaat dari tanaman penutup tanah terhadap tanaman sawit maupun tanaman keras lainnya.

 yaitu sejenis rumput menjalar yang memiliki banyak kegunaan terhadap tanaman ibarat saw Manfaat Tanaman Penutup Tanah (LCC) Terhadap Tanaman Sawit
Salah satu pola aplikasi tanaman penutup tanah di lahan sawit

Manfaat Tanaman Penutup Tanah (LCC) Terhadap Tanaman Sawit


1. Mencegah tumbuhnya gulma

Manfaat tanaman penutup tanah terhadap tanaman sawit yaitu dapat mecegah tumbunya gulma atau rumput liar. Jika anda ingin lahan sawit anda terhindar dari gulma, maka cobalah untuk menanam rumput ini pada lahan sawit anda. Saya dapat pastikan jikalau tanaman ini tumbuh dan menjalar menutupi seluruh permukaan tanah, maka gulma atau rumput liar tidak akan tumbuh pada lahan sawit anda.

2. Menambah unsur hara pada tanah

Manfaat tanaman penutup tanah terhadap tanaman sawit yang selanjutnya yaitu dapat membuat tanah menjadi subur alasannya yaitu unsur hara tanah menjadi bertambah dan tetap terjaga. Lahan sawit yang ditumbuhi rumput kacangan ini akan lembab dan dingin, sehingga unsur hara pada tanah akan tetap terjaga.

3. Mencegah berkurangnya air tanah

Manfaat tanaman penutup tanah terhadap tanaman sawit juga berperan untuk mencegah berkurangnya air tanah, terutama pada isu terkini kemarau. Pada isu terkini kemarau, air tanah akan berkurang, dengan adanya tanaman penutu tanah ini mampu sedikit mencegah habisnya air tanah, artinya air tanah tidak akan habis total alasannya yaitu ada rumput penyejuk ibarat rumput kacangan ini.

Itulah beberapa Manfaat Tanaman Penutup Tanah (LCC) Terhadap Tanaman Sawit, mudah-mudahan isu ini bermanfaat dan mampu menambah ilmu serta wawasan bagi anda semua.
Manfaat Tanaman Penutup Tanah (LCC) Terhadap Tanaman Sawit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eks Harland
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :