Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Cara Mencegah Agar Buah Matoa Tidak Diserang Hama dan Penyakit

Dasar Pertanian - Budidaya buah matoa mampu dibilang gampang-gampang susah, namun bagi aku itu sangatlah mudah. Asalkan kita tahu seluk beluk buah matoa ini, tentu saja kita mampu mengatasi kemungkian buruk pada buah matoa. Biasanya hal buruk yang terjadi pada tanaman buah matoa ialah bunga yang sering rontok dan belum hingga menjadi buah, buah matoa yang basi dan tidak mampu dipanen, atau tanaman matoa tidak mau berbuah hingga bertahun-tahun. Namun dari sekian banyak permasalah yang terjadi pada tanaman buah matoa, hama dan penyakit merupakan salah satu faktor utama yang menghambat produktivitas buah matoa. Lantas bagaiman cara semoga buah matoa tidak diserang oleh hama dan juga penyakit?

Mencegah ialah lebih baik dari pada mengobati, mungkin pepatah itu yang sering kita dengar dalam dunia kesehatan. Begitu juga pada tanaman buah matoa ini. Kaprikornus sebisa mungkin kita melaksanakan pencegahan sebelum hal buruk terjadi pada buah maroa yang sudah susah payah kita tanam. Jika kita tida melaksanakan pencegahan, maka mampu jadi kita tidak mampu menikmati buah khas papua ini. Mungkin saja buah matoa habis dimakan hama ibarat burung, kelelawar dan hewan sejenis.Nah berikut ini admin dasar-pertanian akan mencoba membagikan sedikit tips mencegah semoga buah matoa tidak diserang hama dan penyakit.

Cara Mencegah Agar Buah Matoa Tidak Diserang Hama dan Penyakit


1. Membungkus buah dengan kelambu/sejenisnya

 
 Budidaya buah matoa mampu dibilang gampang Cara Mencegah Agar Buah Matoa Tidak Diserang Hama dan Penyakit
Gambar buah matoa yang sudah dibungus dengan kelambu ( image by wahyu hendro wibowo )

Cara mencegah semoga buah matoa tidak dimakan hama ibarat burung, kelelawar atau binatang lainnya ialah dengan membungkus buah matoa dengan kelambu atau alat sejenisnya. Kalau kami biasanya membungkus atau istilah kami menyebutnya membrongsong dengan kelambu pembungkus buah, biasanya banyak dijual ditoko pertanian.

2. Menyemprot bunga matoa

Cara mencegah semoga buah matoa tidak diserang hama dan penayakit ialah dengan melaksanakan penyemprotan terlebih dahulu pada fase generatif. Pada ketika tanaman berbunga dan mulai berbuah kecil, anda mampu menyemprot buah matoa dengan insektisida khusus buah. Penyemprotan ini bertujuan untuk mencegah masuknya hama dan penyakit dalam buah, biasanya jikalau calon buah sudah disentuh oleh hama ibarat lalat buah atau sejenisnya, maka buah akan busuk.

3. Membersihkan lokasi tanaman

Cara mencegah semoga buah matoa tidak diserang hama dan penyakit mampu juga dengan membersihkan lkasi disekitar tanaman buah matoa. Jika lokasi disekitar tanaman bersih otomatis hama dan penyakit tidak akan hinggap pada tanaman tersebut. Kalaupun ada kita akan mudah untuk melihat dan membasminya segera.

Itulah beberapa Cara Mencegah Agar Buah Matoa Tidak Diserang Hama dan Penyakit, semoga artikel singkat ini bermanfaat dan mampu menambah wawasan anda semua.
Cara Mencegah Agar Buah Matoa Tidak Diserang Hama dan Penyakit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :