Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Cara Membuat Proposal Kegiatan Yang Baik dan Benar

Proposal Kegiatan dalam goresan pena yang telah lalu saya sudah membahas wacana cara membuat proposal sponshorship untuk sebuah kegiatan. Nah, dalam artikel ini saya akan menunjukkan informasi wacana cara membuat proposal kegiatan yang baik dan benar.

Seperti yang kita tahu bahwa dalam melakukan sebuah kegiatan tentu kita membutuhkan dana semoga program terselenggara. Pendanaan tersebut dapat dilakukan secara swadaya atau mengusahakannya kepada instansi yang terkait atau kepada orang lain yang tidak mengikat. 

Mengingat bahwa proposal ialah dokumen resmi yang dijadikan pedoman, patokan sekaligus gambaran yang dapat menjelaskan kepada pihak terkait bahwa program tersebut benar - benar resmi dan telah diatur secara teratur dengan baik serta diketahui oleh pihak - pihak yang berwenang. 

 dalam goresan pena yang telah lalu saya sudah membahas wacana cara membuat proposal sponshors Cara Membuat Proposal Kegiatan Yang Baik dan Benar

Oleh akibatnya ada beberapa fungsi proposal dalam suatu kegiatan yaitu : 

1. Sebagai anutan pelaksanaan kegiatan
Dalam menyelenggarakan suatu kegiatan, tentu saja panitia harus memiliki SOP yang mencakup kegiatan kegiatan, tempat, petugas sampai estimasi dana. Proposal kegiatan dapat berfungsi sebagai anutan sekaligus patokan dalam melakukan kegiatan tersebut semoga program berjalan lancar dan teratur.


2. Sebagai sarana Informasi
Fungsi informasi khususnya berlaku untuk pihak diluar panitia namun memiliki kepentingan didalamnya terutama menyerupai para donatur atau instansi yang menaungi panitia menyerupai sekolah atau lembaga resmi lainnya. Dengan adanya proposal kegiatan tentu saja pihak - pihak tersebut akan lebih paham dan terang mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan.

3. Sebagai bukti kepanitian kegiatan
Sudah menjadi pandangan umum bahwa dikala mengadakan suatu kegiatan terutama yang menyangkut seruan dana kepada masyarakat, proposal kegiatan menjadi salah satu penentu yang dapat mensugesti seseorang untuk menyumbangkan uang atau barang untuk membiayai kegiatan. Oleh karenanya, dalam penulisan proposal sangat ditekankan bagaimana cara membuat proposal yang baik dan benar semoga para calon donatur percaya bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan profesional

4. Evaluasi Kegiatan
Kegiatan - kegiatan rutin bulanan maupun tahunan haruslah diadakan evaluasi dan evauasi tersebut dapat merujuk pada proposal kegiatan. Hasil final kegiatan dengan rancangan yang ada dalam proposal kegiatan akan memberitahu kita seberapa berhasil kegiatan tersebut baik dari segi adminitstrasi, kepemimpinan maupun pendanaan.

Dari beberapa point wacana fungsi proposal kegiatan di atas, tentu sebaiknya dalam membuat proposal kegiatan haruslah menggunakan ilmu cara membuat proposal yang baik dan benar semoga panitia terlihat profesional dan terlatih sehingga para penyandang dana yakin dengan kinerja panitia. 

Berikut ini saya berikan informasi cara membuat proposal kegiatan yang baik dan benar sebagai berikut :


  1. Memahami Susunan Proposal kegiatan
    Dalam pembuatan proposal, setiap jenis proposal memiliki susunan yang berbeda menyerupai halnya proposal penelitian yang mencantumkan pembatasan masalah. Sementara dalam proposal kegiatan tidak ada pembatasan masalah. Oleh alasannya ialah itu, dalam menyusun proposal kegiatan haruslah paham wacana susunan proposal kegiatan. 
  2. Menggunakan kata - kata yang baku
    Hindari penulisan kalimat asing. Apabila menggunakan kalimat abnormal gunakan gaya goresan pena miring dan hindari pula penggunakan kata - kata gaul atau lokal yang tidak sesuai dengan EYD. 
  3. Pertimbangkan kesesuaian estimasi dana
    Hal yang selalu ada dalam rancangan prposal kegiatan ialah estimasi dana atau rancangan anggaran belanja untuk kegiatan. Dalam menyusun anggaran dana, jangan terlalu dibesar - besarkan serta diadaptasi dengan harga item yang berlaku di tempat tersebut. Selanjutnya, jangan lupa untuk menambahkan dana lain - lain maupun cadangan sebagai antisipasi terhadap pengeluaran yang membludak yang melebihi rencana anggaran proposal yang tak terduga. 
  4. Kesesuaian waktu, tempat dan jenis kegiatan
    Dalam penyusunan proposal, sangat diperlukan bahwa kegiatan yang ada dalam proposal harus sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan nantinya. Antisipasi terhadap benturan kegiatan semoga tidak ada kegiatan yang tidak berjalan sesuai rencana kegiatan prposal. 
  5. Gunakan kata kami dalam menyebut panitia. 
  6. Proposal diberi sampul cover yang baik. Akan lebih baik lagi kalau dijilid
  7. Sertakan surat pengantar proposal sebagai permohonan resmi pengajuan dana
  8. Letak penyusunan tanda tangan dan cap juga harus diperhatikan. Semisal panitia berada di baris paling atas kemudian jabatan yang lebih tinggi disebelah kanan bab bawah kalau terdapat dua kulom.
Demikianlah wacana cara membuat proposal yang baik dan benar. Semoga kawan - kawan semuanya paham dengan artikel diatas. Untuk contoh proposal kegiatan dapat anda baca di link : 

  1. Contoh Proposal Kegiatan Yang baik Dan Benar Terbaru
  2. Contoh Dan Cara Membuat Proposal Sponsorship Kegiatan
  3. Contoh Proposal Kegiatan Pameran Seni Rupa Di Sekolah

Cara Membuat Proposal Kegiatan Yang Baik dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :