Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Bisnis Nyonya Meneer Meredup, Gara-gara Maraknya Jamu Online?

Bisnis Nyonya Meneer Meredup, Gara-gara Maraknya Jamu Online?Foto: Nugroho Tri Laksono-detikcom

Jakarta - Perusahaan jamu PT Njonja Meneer atau biasa disebut Nyonya Meneer diputus pailit Pengadilan Niaga Semarang lantaran tak melunasi utang senilai Rp 7 miliar. Belum lagi duduk perkara internal perusahaan turut membuat goyah perusahaan keluarga yang bangkit semenjak 1919 ini.

Namun, menurut Akademisi dan Praktisi Bisnis dari Universitas Indonesia, Rhenald Kasali, ada faktor lain yang membuat bisnis Nyonya Meneer goyang, yaitu, industri jamu rumahan yang mengandalkan online. Persaingan bisnis jamu semakin ketat dikala industri jamu rumahan berbasis online menggerus para pemain lama.


"Yang cantik sekarang berkembang jamu online yang rumahan, alhasil itu dibuat fresh. Insinyur-insinyur menyerupai dari IPB bikin jamu anti oksidan, kopi hijau, kemudian bikin tetes untuk cuka apel, itu bagus-bagus sekali, itu inovasi. Kita buka online berbagai produk-produk herbal menyerupai itu," terperinci Rhenald kepada detikFinance, Selasa (8/8/2017).



Selain lebih inovatif dan mengandalkan penjualan online, menurut dia, nyatanya produk-produk jamu itu perlahan mampu menggeser pasar obat herbal yang selama puluhan tahun didominasi jamu pabrikan tersebut. Selain itu, meski sifatnya home industry, teknologi jamu-jamu yang dijual online tersebut juga terbilang sudah canggih.


"Usaha-usaha rumahan banyak sekali, berbagai lulusan universitas setelah lulus membuat jamu. Misalnya kayak cuka apel, atau yang dari madu dibuat apa, itu semua dibuat pakai teknologi. Sementara menyerupai Nyonya Meneer ketinggalan zaman dan kurang modal, dulu dikala banyak uang enggak cepat meremajakan diri," kata Rhenald.
Bisnis Nyonya Meneer Meredup, Gara-gara Maraknya Jamu Online? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :