Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Jokowi: 2.000 Desa Di Papua Belum Berlistrik

Jokowi: 2.000 Desa di Papua Belum BerlistrikFoto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance

Nabire - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan masih ada 3.000 desa secara nasional belum berlistrik. Mayoritas tersebar di Papua.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Nabire dan Jayapura di Papua, Rabu (20/12/2017).

"Tapi kita patut bersyukur sekarang dan sampai saat ini, hanya kurang, di desa yang belum ada listriknya itu 3.000 secara nasional. Tapi yang paling banyak itu di tanah Papua ada 2.000 desa," kata Jokowi saat meresmikan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTMG) di Kabupaten, Nabire, Rabu (20/12/2017).


Di sisi lain, menurut Jokowi, melistriki wilayah Papua tidak mudah. Medan yang sulit menjadi tantangan utama bagi PT PLN (Persero) untuk bisa melistriki tanah Papua.

Namun, Jokowi menegaskan, tantangan itu harus bisa ditaklukkan. Jokowi juga telah meminta Menteri ESDM Igansius Jonan dan PLN untuk bisa menerangi seluruh desa di Papua pada 2018 mendatang.

"Saya sudah perintahkan Menteri ESDM dibantu PLN, tahun depan semua desa harus terang benderang. Memang tidak mudah mengerjakan namanya listrik di Papua, medan sangat berat. Bergunung-gunung, kalau mau bawa tiang listrik saja harus nyebur, lalu digotong ke atas bukit oleh orang-orang. Artinya medannya sangat berat, tapi seberat apapun medan harus bisa kita taklukan dan desa-desa di Papua terang benderang," tegas Jokowi.


Jokowi menjelaskan, listrik merupakan salah satu elemen yang penting bagi masyarakat, khususnya di Papua. Dengan listrik, anak-anak Papua bisa belajar di malam hari. Usaha-usaha warga juga bisa lebih berkembang karena ketersediaan listrik.

Dengan hadirnya listrik di Papua, para investor pun bakal tertarik untuk berinvestasi di Papua. Sebab, kata Jokowi, Listrik menjadi kunci investasi di Papua.

"Supaya usaha-usaha rakyat di desa terus berkembang dan tentu saja anak-anak kita bisa belajar di malam hari dengan baik, karena listriknya ada. Kemudian juga orang yang mau membangun hotel di Nabire, Papua, Papua Barat, karena listriknya ada. Listrik menjadi kunci investasi di Papua," terang Jokowi.


Mengutip data PLN, dalam penyusunan Roadmap Papua terang mengacu pada data Potensi Desa (PODES) yang diterima dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan dan bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah desa di Provinsi Papua dan Papua Barat yang belum berlistrik pada tahun 2016 sebanyak 2.376 desa.

Dari 2.376 desa tersebut, 1.941 desa akan dilistriki secara pra elektrifikasi oleh Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) menggunakan program Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE), sehingga desa yang harus dilistriki PLN sampai dengan tahun 2018 sebanyak 435 desa.

Sementara pada 2017 ini, rasio elektrifikasi atau pemerataan listrik di Provinsi Papua sebesar 50,11%, sementara rasio desa berlistrik sekitar 29,53%. Sedangkan untuk Provinsi Papua Barat, rasio elektrifikasi meningkat dari 82,7% menjadi 91,76% dan rasio desa berlistrik dari 33,23% pada tahun 2015 menjadi 54,47% pada tahun 2017.
Jokowi: 2.000 Desa Di Papua Belum Berlistrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eks Harland
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :