Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Ini Kelemahan Produk Ukm Ri Dibanding Luar Negeri

Ini Kelemahan Produk UKM RI Dibanding Luar NegeriFoto: Ketua MPR Zulkifli Hasan (Dok. MPR)

Palu -
Produk-produk besutan pelaku usaha UKM boleh dibilang tak kalah dengan produk luar negeri. Namun begitu, kelemahan produk lokal terletak pada pengemasan dan pemasaran, sehingga membuatnya sulit untuk berkembang.
Hal itu diungkapkan Ketua MPR, Zulkifli Hasan saat menemui pengrajin keripik kelor yang dibuat dari campuran daun kelor dan tortilla tanpa pengawet, di Kota Palu, Selasa (19/12/2017)
Bahkan, Zulkifli mengaku siap menjadi marketing untuk produk produk UKM lokal agar bisa bersaing di pasar domestik dan bahkan internasional.
"Produk Indonesia itu dari sisi kualitas tidak kalah dengan produksi luar negeri. Bahkan banyak yang menjadi favorit. Masalahnya pengemasan dan penjualan yang belum fokus dan modern," ucap Zulkifli dalam keterangan tertulis.
Ia memuji pembuatan keripik kelor yang higienis dan kaya gizi membantu penyembuhan penyakit di antaranya rematik dan asam urat. Di sisi lain, Zulkifli juga mengajak pelaku UKM untuk memaksimalkan penggunaan media sosial agar penjualannya meningkat
"Ini kalau di jual di luar pasti laku keras ini. Tinggal dikemas yang bagus dan menarik. Dunia sudah makin terbuka. Manfaatkan media sosial untuk memperluas pasar dalam negeri sampai internasional. Saya yakin UKM yang melek teknologi akan bisa bersaing dan bertahan," ungkapnya.
Zulkifli menyebut, UKM adalah ujung tombak ekonomi yang berperan penting mengurangi kesenjangan sekaligus membuka lapangan kerja baru.
"Keberpihakan yang jelas itu, berpihak pada usaha kecil. Mereka penggerak ekonomi, membuka lapangan kerja dan bersentuhan langsung dengan kehidupan sehari hari masyarakat," tuturnya.
Ajak Anak Muda Palu Lawan Korupsi
Masih di Kota Palu, Zulkifli menyempatkan diri aktivis dan pemuda di kota tersebut yang bertepatan dengan Hari Bela Negara pada 19 Desember. Acara dilaksanakan di Auditorium Utama IAIN Datokarama Palu, dan dihadiri Pemuda dan Mahasiswa se Sulawesi Tengah.
Diungkapkannya, bela negara harus dimaknai sebagai peran generasi zaman now untuk berani menyuarakan kebenaran. Dirinya mengajak anak anak muda Palu untuk jadi bagian dari gerakan perbaikan.
"Bela negara dari korupsi, dari kemiskinan, dari ketidakadilan. Suara generasi muda menentukan kemana arah republik ini menuju. Indonesia masa depan dimulai dari optimisme anak anak muda hari ini. Tak ada jalan mundur, yang ada jalan maju untuk negeri ini," terang Zulkifli.
Ia percaya, kelak dari Palu dan Sulawesi Tengah akan lahir pemimpin bangsa yang lanjutkan estafet bela negara.
"Syaratnya bangga budaya daerahnya, cinta negerinya dan berani bersaing di era global," tutupnya.


Ini Kelemahan Produk Ukm Ri Dibanding Luar Negeri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :