Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Peringkat Kemudahan Bisnis RI Naik, Pengusaha: Jangan Cepat Puas

Peringkat Kemudahan Bisnis RI Naik, Pengusaha: Jangan Cepat PuasFoto: Muhammad Idris

Jakarta - Bank Dunia merilis laporan peringkat akomodasi bisnis atau ease of doing business (EoDB). Peringkat Indonesia naik dari 91 ke 72 dari 190 negara.

Menanggapi capaian itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani, mengatakan kenaikan peringkat akomodasi bisnis merupakan apresiasi dari upaya pemerintah memangkas perizinan yang menghambat dunia usaha.

Rosan juga optimistis target peringkat 40 pada 2020 nanti bakal tercapai.


"Melihat lompatan dari 106, 91, ke 72, ranking 40 di 2020 sangat mungkin. Kami apresiasi, dan ease of doing business kita lompatannya signifikan," jelas Rosan kepada detikFinance, Rabu (1/11/2017).

Namun, ia mengingatkan, pemerintah jangan cepat puas dengan capaian tersebut alasannya yaitu masih banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan. Mulai dari akomodasi mengurus izin di tempat sampai sinkronisasi aturan sentra dengan daerah.

Selain itu, peringkat akomodasi bisnis di Indonesia masih di bawah beberapa negara ASEAN menyerupai Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, dan Vietnam.


"Masih banyak yang harus disempurnakan, izin harus disesuaikan, peraturan dipermudah. Enggak boleh cepat puas, kita tentangan dengan negara-negara ASEAN lainnya," kata Rosan.

Beberapa reformasi yang telah dilakukan pemerintah untuk mencapai prestasi ini, antara lain biaya memulai usaha dibuat lebih rendah dari 19,4% ke 10,9%, biaya menerima sambungan listrik dibuat lebih murah dengan mengurangi biaya sambungan dan sertifikasi kabel, yaitu 276% dari pendapatan per kapita turun dari sebelumnya 357%.


Selain itu, susukan perkreditan juga semakin meningkat dengan hadirnya agen kredit baru. Perdagangan lintas negara pun semakin baik dengan adanya penagihan elektronik untuk pajak, bea cukai, serta pendapatan bukan pajak sehingga waktu untuk mendapatkan, menyiapkan, memproses dan mengirimkan dokumen ketika impor turun dari 133 jam menjadi 119 jam.

Sumber detik.com
Peringkat Kemudahan Bisnis RI Naik, Pengusaha: Jangan Cepat Puas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :