Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

BRI Bagi-bagi Kartu Tani dan Alsintan di Boyolali

BRI Bagi-bagi Kartu Tani dan Alsintan di Boyolali Foto: Ray Jordan/detikcom

Boyolali - Program pemerataan ekonomi merupakan salah satu kegiatan prioritas yang menerima perhatian khusus pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas.

Hingga dikala ini, pemerintah telah memiliki 2 kegiatan utama yang menjadi fokus kegiatan dalam rangka menekan angka kemiskinan di wilayah kehutanan, yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar hutan dan penciptaan model pelestarian hutan yang efektif dan berkelanjutan yang pada gilirannya meningkatkan sistem perekonomian masyarakat di sekitar hutan.

Sebagai gambaran, dikala ini terdapat 25.863 desa yang berada dalam wilayah hutan yang 70% di antaranya menggantungkan kehidupan dari sumber daya alam yang tersedia dari hutan.

Dalam kerangka tersebut, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) terus mengebut implementasi pemerataan ekonomi bagi masyarakat yang tinggal di sekitar hutan, salah satunya melalui kegiatan Perhutanan Sosial yang bertujuan memberdayakan masyarakat sekitar hutan, dengan berpedoman pada pemeliharaan hutan yang lestari.

Melalui Perhutanan Sosial, pemerintah menunjukkan kesempatan kepada masayarakat untuk mengajukan hak pengelolaan area hutan sebagai lahan pertanian yang bersifat ekonomis.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dan Direktur Utama Bank BRI Suprajarto pada Sabtu (4/11/2017) menyerahkan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial kepada masyarakat yang dilaksanakan di Boyolali, Jawa Tengah.

BRI sebagai salah satu BUMN, ikut berperan aktif dalam kegiatan tersebut melalui aneka macam layanan dan produk-produk perbankan berbasis UMKM.

BRI akan menunjukkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada lebih para petani yang tersebar di Pemalang dan Boyolali. Para petani juga akan diberikan Kartu Tani yang juga dapat difungsikan sebagai kartu debit BRI bagi para petani, kartu penjualan hasil panen, pengambilan pupuk bersubsidi, dan sebagai data sumber untuk menunjukkan pinjaman dan layanan KUR kepada para petani.

"BRI akan mendukung kegiatan Perhutanan Sosial yang digagas oleh pemerintah, melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Boyolali. Bentuk dukungan BRI sebagai lembaga keuangan perbankan salah satunya yakni dengan menunjukkan KUR, Kartu Tani, dan CSR BRI Peduli kepada masyarakat yang tinggal di daerah hutan," ungkap Suprajarto.

BRI melalui kegiatan ini mendukung penuh kegiatan pemerintah, yakni redistribusi asset kepada para petani dalam bentuk lahan yang dapat dikelola secara ekonomis untuk kesejahteraan bersama. Harapannya melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan ketahanan pangan, produktivitas pertanian, dan penambahan jumlah luas lahan bagi para petani.

BRI pada kesempatan yang sama juga menunjukkan dukungan CSR BRI Peduli kepada Poktan yang berasal dari Kabupaten Pemalang, berupa 7 Alat Pemipil Jagung, 3 unit Saung Meeting, 11 unit Tandon air, dan Rumah pompa sebanyak 3 unit.

Tidak hanya itu, untuk Poktan yang terdapat di Kabupaten Boyolali, BRI juga menunjukkan CSR BRI Peduli berupa 8 unit alat Pemipil Jagung dan 8 Hand Tractor. Bantuan ini diubahsuaikan dengan kebutuhan para petani untuk mengelola lahan pertanian yang akan di garap.

"Pemberian CSR ini merupakan bentuk kepedulian Bank BRI kepada masyarakat yang telah menerima legal standing pengelolaan lahan hutan. Harapannya semoga dapat meningkatkan produktivitas para petani yang pada risikonya dapat meningkatkan kesejahteraan petani." tutup Suprajarto.

Sumber detik.com
BRI Bagi-bagi Kartu Tani dan Alsintan di Boyolali Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :