Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Penting !!! Peluang Usaha dan Cara Beternak Kelinci Pedaging Yang Menguntungkan

Cara Memelihara Kelinci Pedaging Yang Baik dan Benar - Kelinci merupakan salah satu jenis hewan herbivora yang memiliki banyak manfaatnya. Kelinci dapat dibudidayakan sebagai Kelinci pedaging dan juga sebagao Kelinci Hias, tentu kedua memiliki keuntungan masing-masing. Jika Anda ingin memlihara kelinci yang diperuntukkan sebagai kelinci pedaging, maka anda perlu merawat dan menggemukkan Kelinci semoga memiliki daging yang banyak. Daging Kelinci sudah lama banyak diminati, terutama menu sate kelinci. Biasanya makanan olahan kelinci banyak kita jumpai di tempat dengan suhu yang cuek menyerupai pegunungan, yah memang hal ini dipengaruhi oleh akomodasi perkembangbiakan kelinci di tempat dengan suhu yang relatif dingin.
Cara Memelihara Kelinci Pedaging Yang Baik dan Benar  Penting !!! Peluang Usaha dan Cara Beternak Kelinci Pedaging Yang Menguntungkan
Cara Beternak Kelinci Pedaging Yang Benar - Seperti halnya memelihara Kelinci Hias, budidaya kelinci pedaging pun memerlukan perlakuan yang telaten. Kelinci memang rentan terhadap serangan penyakit terutama kalau kebersihan sangkar tidak diperhatikan. Berikut beberapa tips cara beternak kelinci pedaging yang baik dan benar:

Memilih Indukan Kelinci

Memilih induk kelinci yang benar menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam beternak kelinci pedaging, alasannya ialah kelinci indukan yang sehat akan menghasilkan anak-naka kelinci yang sehat juga. Untuk usaha ternak kelinci pedaging tentunya perlu diperhatikan juga jenis indukan, kelinci pedaging memiliki banyak ras diantaranya Jenis Californian, New Zealand, Angora, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika anda ingin membeli kelinci untuk pembibitan, maka tanyakan terlebih dahulu jenis kelinci apa yang sesuai dengan kondisi lingkungan tempat tinggal Anda.

Pada artikel sebelumnya Bijibersemi.com telah mengulas perihal bagaimana cara memilih Bibit  Indukan Kelinci yang sehat, ada beberapa ciri-ciri kelinci pejantan dan kelinci betina yang perlu dimiliki semoga bibit kelinci merupakan bibit yang sehat dan super.

Membuat Kandang Kelinci


Cara membuat sangkar untuk kelinci pedaging sama saja dengan cara membuat kendang kelinci hias dan kelinci peliharaan lainnya, hanya saja sangkar kelinci pedaging harus didesain semoga kelinci tidak banyak bergerak, tujuannya ialah semoga kelinci cepat gemuk. Jenis sangkar kelinci untuk pedaging yang sempurna ialah Jenis sangkar batery, dengan sangkar jenis ini kelinci pedaging tidak banyak bergerak dan juga dipisahkan antar kelinci dengan yang lainnya.

Kandang kelinci pedaging harus dipisahkan antara induk dan anaknya, pemisahan sebaiknya ketika anak kelinci sudah berumur 3 bulan. Selain itu kelinci jantan indukan dan kelinci Betina indukan hanya disatukan dalam satu sangkar ketika proses perkawinan saja, setelah kelinci betina hamil maka perlu dipisahkan. 

Buatlah sangkar kelinci yang memiliki sirkulasi udara baik, namun tetap menjaga kelinci semoga tidak keidnginan dikala hujan. Kelinci akan berkembang biak dengan baik pada suhu diantara 19 - 22 derajat celcius. Dekat dengan sumber air alasannya ialah kelinci memerlukan air yang banyak juga.
Masa Perkawinan Kelinci

Jika anda ingin membudidayakan Kelinci maka Anda perlu tahu kebiasaan Perkawinan antara kelinci pejantan dan kelinci betina. Biasanya proses perkawinan kelinci dilakukan pada pagi dan sore hari. Anda harus memastikan bahwa proses perkawinan benar-benar terjadi. Untuk mengantisipasi proses perkawinan yang gagal, maka sebaiknya biarkan perkawinan berlangsung 2 - 3 kali sebelum bibit kelinci jantan dan kelinci betina dipisahkan.

Pada dikala proses perkawinan, sebaiknya hanya satu kelinci jantan dan kelinci betina yang dipilih saja yang disatukan dalam satu kandang. Agar mudah diidentifikasi kelinci betina mana yang sudah dibuahi.

Proses perkawinan indukan kelinci sudah bisa dilakukan pada Usian Kelinci sudah mencapai 6 bulan, usia ini ialah usia yang sudah matang dan kelinci betina sudah memiliki sifat mengasuh. Untuk kelinci pejantan biasanya sudah bisa membuahi pada umur 5 bulan, namun sebaiknya pasangkan kelinci jantan yang gres pertama kali akan membuahi dengan kelinci betina yang sudah pernah melahirkan sebelumnya semoga tidak terlalu sulit untuk proses perkawinannya.

Merawat Anak Kelinci

Induk betina kelinci akan mengandung anaknya sekitar 1 bulan, pada masa kehamilannya sebaiknya pisahkan dengan kelinci lainnya. Satu induk kelinci biasanya bisa melahirkan anak minimal 4 anak, oleh alasannya ialah itu perlu perawatan khusus semoga kelinci betina bisa memenuhi gizi bagi anak-anaknya.

Sediakan kotak yang dilapisi dengan jerami untuk menjaga anak kelinci semoga tidak kedinginan dan membuat induk kelinci lebih  nyaman dalam menyusui.

Berilah makanan yang teraturdan bersihkan sangkar secara bersiklus semoga bibit penyakit tidak banyak berkembang di kandang. Pada usia anak kelinci dibawah 3 tahun biasanya sangat rentan terhadap serangan penyakit dan mudah mati, oleh alasannya ialah itu kebersihan sangkar harus sangat diperhatikan.

Bagaimana mengantisipasi jumlah anak kelinci yang terlalu banyak dikala lahir?

Memang ini menjadi tantangan bagi seseorang yang ingin membudidayakan kelinci, biasanya kelinci bisa melahirkan anak hingga 8 ekor atau bahkan lebih padahal jumlah susu induknya tidak mencukupi. Untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya titipkan sebagian anak kelinci ke kelinci lain yang juga sedang menyusui.

Asumsi Peluang Bisnis Beternak Kelinci Pedaging

Jika anda mencari peluang usaha yang dapat dilakukan di rumah, maka Anda perlu melirik jenis usaha budidaya kelinci pedaging. Untuk asumsi peluang bisnis kelinci ialah sebagai berikut:

Modal Awal

Membuat sangkar Kelinci : Rp 1.500.000,- (akan lebih murah kalau dibuat sendiri dan materi sudah tersedia)
Bibit Kelinci  : 10 Betina x @ Rp 50,000,- = Rp 500.000,-
Bibit Kelinci  : 2 Jantan x @ Rp 60.000,- = Rp 120.000,-
Pakan : Rp 0 (cari rumput sendiri)

Modal Awal : Rp 2.120.000,-

Penjualan Kelinci

Jika diasumsikan setiap kelinci bisa menghasilkan 4-5 anak setiap bulannya, maka :

Jumlah Anak : 10 betina indukan x 5 anak /induk = 50 Anak per bulan
Harga Jual : Rp 50.000,-/ekor

Pendapatan perbulan : 50 x 50.000,- = Rp 2.500.000/bulan

Jika melihat pada asumsi di atas maka modal Anda usaha sudah akan balik pada bulan pertama penjualan.

Itulah beberapa tips cara beternak kelinci pedaging, kalau melihat perhitungan di atas tentunya peluang usaha beternak kelinci pedaging cukup menggiurkan. Bisa menjadi solusi bagi pelengkap uang keluarga, dengan modal yang kecil sudah bisa menerima income yang teratur setiap bulannya.

Penting !!! Peluang Usaha dan Cara Beternak Kelinci Pedaging Yang Menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :