Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Penting !!! Cara Unik dan Mudah Menetaskan Telur Bebek Dengan Metode Cepat dan Baik

Cara Menetaskan Telur Bebek - Pada Kesempatan kali ini kami akan menunjukkan gosip bagi teman semuanya mengenai Cara Menetaskan Telur Bebek. Perhatikan gosip yang kami sampaikan dibawah ini sebagai pengetahuan anda semua dalam berbudidaya. Semoga dapat bermanfaat dan sebagai motivasi untuk anda dalam berusaha.
 Pada Kesempatan kali ini kami akan menunjukkan gosip bagi teman  semuanya mengenai Car Penting !!! Cara Unik dan Mudah Menetaskan Telur Bebek Dengan Metode Cepat dan Baik

Cara Menetaskan Telur Bebek Dengan Cepat dan BenarMasih banyak anggapan dari masyarakat kita terutama para pembeli mesin penetas telur yang menyimpulkan bahwa semua telur bisa ditetaskan. Tidak peduli telur tersebut dibeli dari sangkar langsung, bakul jamu gendong, toko peracangan, atau pasar. Anggapan tersebut tidak semuanya salah, akan tetapi diharapkan usaha pemahaman kepada masyarakat untuk menyatukan pendapat atau persepsi apa bahwasanya dimaksud dengan telur tetas? Memang telur-telur yang dibeli dari daerah tersebut di atas mungkin masih bisa menetas akan tetapi yang menjadi pertanyaan, berapa persentase daya fertilitas atau daya tetas nantinya?.

CARA MENETASKAN TELUR BEBEK
Telur itik tetas yakni telur yang berasal dari itik betina yang dibuahi (kawin) oleh itik jantan. Banyak cara yang lebih aman untuk menerima telur tetas itik antara lain dengan membeli telur tetas itik dari hasil itik yang digembalakan (angon) atau itik yang dipelihara di dalam sangkar (intensif)dengan akomodasi kolam di dalamnya. Itik yang digembalakan biasanya dilengkapi dengan pejantan sehingga di sela-sela waktu penggembalaan itik jantan akan mengawini itik-itik betina yang sedang birahi. Oleh alasannya yakni itu biasanya telur itik gembalaan mempunyai tingkat fertilitas yang tinggi. Salah satu ciri telur tetas itik dari hasil penggembalaan (angonan) yakni kulit atau kerabang telur relatif lebih kotor daripada telur itik hasil pemeliharaan terkurung (kandang).Telur tetas itik mempunyai syarat sebagai berikut :

  • Berasal dari hasil perkawinan induk jantan dan betina dengan imbangan sex ratio (1:6-8 ekor)
  • Berat telur = 60 gram
  • Berasal dari induk yang berumur lebih dari 9 bulan
  • Lama penyimpanan telur tidak lebih dari 5 hari
  • Kerabang telur tidak terlalu tebal atau tipis
Kalau kita merenungkan fakta penciptaan makhluk di bumi ini pasti semua ada pesan tersirat dan pelajaran yang bisa kita ambil tidak terkecuali itik. Itik diciptakan sebagai ternak unggas air yang mempunyai tingkat produktifitas telur tergolong tinggi yaitu sekitar  200-250 butir/ekor/tahun. Di balik keunggulannya tersebut terdapat juga sisi kekurangannya yaitu itik tidak mempunyai sifat mengerami telurnya sebagaimana unggas-unggas lainnya. Oleh alhasil dalam mengembangbiakkannya perlu cara tersendiri yaitu dengan menetaskan telurnya. Ada beberapa cara untuk menetaskan telur itik, antara lain :

Cara Menetaskan Telur Bebek 
Dengan dukungan induk ayam kampong
Caranya yakni dengan mengganti telur ayam kampung yang sedang dierami dengan telur itik. Seekor induk ayam kampung bisa mengerami telur itik hingga 15-20 butir tergantung besar-kecilnya induk dan daerah bersarang. Lama pengeraman berlangsung selama 28 hari dan Jangan ada anggapan bahwa telur akan dierami selama 21 sebagaimana telur ayam. Yang perlu diperhatikan yakni jangan hingga kita membuat stress ayam dengan usaha kita mengganti telurnya.

Dengan dukungan enthok
Menetaskan telur itik dengan dukungan induk enthok sudah lama dilakukan masyarakat kita. Yang perlu mendapat perhatian yakni enthok mempunyai sifat ngambek jikalau telur yang dikeluarkannya di ambil. Maka caranya yakni setiap hari kita harus mengganti telur enthok yang dikeluarkan oleh itik dengan telur-telur  itik hingga dengan telur terakhir yang dikeluarkan enthok. Kemudian, bagaimana dengan telur enthoknya sendiri? Salah satu alternative yakni anda bisa menjualnya, toh bakul jamu gendong atau keliling juga pada minat pada telur enthok dan pada sebagian penikmat jamu telur enthok diyakini mempunyai kasiat lebih terutama untuk menjaga vitalitas tubuh.

Dengan mesin penetas telur

Penetasan telur itik dengan menggunakan mesin penetas telur pada umumnya lebih mudah alasannya yakni biasanya tata cara pengoperasian mesin tetas dan cara menetaskan sudah ada. Buku panduan pengoperasian mesin dan tata cara singkat menetaskan telur biasanya ada jikalau anda membeli mesin penetas telur. Tata cara menetaskan telur itik berbeda sedikit dengan menetaskan telur ayam terutama dalam hal kelembaban (%). Kelembaban yang dibutuhkan untuk menetaskan telur itik lebih tinggi sekitar 5-10% daripada telur ayam. Banyak pilihan mesin penetas telur yang di tawarkan, ada yang memakai sumber panas dari lampu minyak tanah, bohlam (lampu dop), kawat nikelin, atau memakai pemanas elemen megic  jar.

Menghitung kebutuhan telur tetas
Sebelum anda memulai menetaskan telur itik, anda bisa memperkirakan berapa anak itik yang nantinya saya butuhkan. Untuk membantu anda memenuhi target harapan anda tersebut ada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu:

Ratio kelamin DOD yang menetas nantinya rata-rata 50:50
Persentase menetas yang baik yakni 80%
Dengan demikian jikalau kita menginginkan DOD yang menetas dengan jumlah kelamin betina 50 ekor, maka setidaknya kita membeli telur tetasnya sekitar 200 butir. Bagaimana perhitungannya?

Anggaplah dari telur yang kita beli tersebut daya fertilitasnya 70%, maka telur yang layak untuk ditetaskan sebanyak 140 butir. Kalau daya tetasnya bisa mencapai 80%, maka kita akan menerima jumlah DOD yang menetas sekitar (80%x140 butir)=112 ekor. Setelah dilakukan seleksi dan culling diperkirakan jumlahnya ada sekitar 10-15% DOD yang tidak layak jual/pelihara. Sehingga hasil simpulan yang kita dapatkan yakni 95-101 ekor DOD yang layak dijual atau dipelihara. Sehingga dari jumlah tersebut jikalau sex ratio DOD yang menetas yakni 50:50 maka akan didapatkan jumlah DOD betina sekitar 42-50 ekor.

Ada catatan tersendiri untuk penetas pemula bahwa perhitungan di atas berlaku untuk penetas yang sudah hebat atau berpengalaman. Kalau anda yakni seorang yang gres berguru menetaskan atau anggaplah penetas pemula maka cukup menggunakan hitungan angka daya tetas 40% saja. Sambil terus praktek dan mengambil pelajaran dari penetasan sebelumnya insyaallah anda akan bisa mencapai angka daya tetas yang tinggi kelak dikemudian hari. Menetaskan telur yakni suatu ketrampilan bukan ilmu turunan, maka siapa saja insyaallah bisa menetaskan telur dengan baik. Yang terpenting yakni ada kemauan untuk terus berguru serta tumbuhkan sikap optimis terhadap segala hal yang akan kita kerjakan dan tak lupa untuk berdo'a biar usaha kita mendapat keberkahan dan mencapai kesuksesan.

Selamat mencoba dan salam sukses dari kami.
Penting !!! Cara Unik dan Mudah Menetaskan Telur Bebek Dengan Metode Cepat dan Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :