Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Panduan Lengkap Budidaya Bawang Merah Cepat Sukses

Dasar Pertanian - Bawang merah yaitu salah satu tanaman jenis hortikultura yang masuk dalam familia Alliaceae. Bawang merah ( Allium ascalonicum L ) merupakan tanaman umbi berlapis yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Produksi bawang merah ini sendiri sangat bergantung pada kebutuhan masyarakat, dan rata-rata setiap harinya semua orang pasti membutuhkan tanaman ini sebagai bumbu masakan. Herga bawang merah pun bervariasi, kadang tinggi, dan terkadang anjlok. Budidaya bawang merah ini dapat dikatakan gampang-gampang susah, dan tidak semua orang mampu melaksanakan budidaya bawang merah dengan benar. Pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan mencoba membagikan sedikit tips budidaya bawang merah cepat sukses.

Tanaman bawang merah ini sangat membutuhkan sinar matahari minimal 12 jam perhari. Bawang merah sangat cocok bila di budidayakan  pada dataran rendah yang memiliki ketinggian 0 hingga 900 Meter diatas permukaan laut. Sedangkan suhu maksimum yang diharapkan guna perkembangan bawang merah yaitu kisaran 25-32 derajat celcius dengan tingkat keasaman tanah sekitar pH 5,6-7. Adapun panduan budidaya bawang merah semoga cepat sukses dan berhasil mampu anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Bawang merah yaitu salah satu tanaman jenis hortikultura yang masuk dalam  Panduan Lengkap Budidaya Bawang Merah Cepat Sukses

Panduan Lengkap Budidaya Bawang Merah Cepat Sukses


1. Pemilihan bibit bawang merah

Cara budidaya bawang merah yang pertama yaitu anda harus memiliki bibit atau benih bawang merah. Untuk varietas atau jenis benih bawang merah ini anda mampu memilih apakah benih lokal atau benih impor. Sedangkan bentuk bibit bawang merah ini ada berupa biji dan ada berupa umbi saja. Namun kebanyakan orang yang membudidayakan bawang merah menggunakan umbi sebagai benihnya. Kriteria benih bawang merah yang baik yaitu benih yang dihasilkan dari umbi bawang merah tua. Untuk mengetahui bagaimana cara sempurna memilih benih bawnag merah, anda mampu mempelajari secara lengkap pada artikel kami yang ada pada link berikut ini.
Silahkan baca : Tips Memilih Benih Bawang Merah Yang Baik dan Benar

2. Tehnik pengolahan tanah

Setelah anda memiliki benih bawang merah, maka tahap selanjutnya yaitu menentukan dan mengolah tanah. Cara pengolahan tanah yang akan digunakan untuk budidaya bawang merah yaitu dengan menggemburkan dan membuat bedengan dengan jarak kira-kira 50-60 cm antar bedengan. Silahkan anda cangkul atau mampu menggunakan garpu sedalam 20-30 cm, jangan lupa gemburkan tanahnya. Kemudian ratakan adegan atas bedengan/permukaannya semoga mudah dalam menanamnya.

3. Pemberian pupuk dasar

Sebelum benih bawang merah anda tanam, perlu juga anda tambahkan pupuk dasar, gunakan kapur dolomit bila tingkat keasaman tanah kurang dari pH 5,6. Penambahan kapur dolomit sebaiknya anda lakukan 2-3 ahad sebelum benih ditanam. Anda mampu tambahkan pupuk organik atau pupuk kompos, pupuk sangkar sebagai pupuk dasar semoga tanah menjadi subur sehingga benih cepat tumbuh.

4. Tehnik penanaman benih

Penanaman benih bawang merah dengan jarak tanam sekitar 15x15 cm pada animo kemarau, dan jarak tanam 20x20 cm pada animo penghujan. Proses menanam mungkin anda semua sudah paham sebab cara menanam bawang merah ini tidak ada bendanya dengan menanam tanaman umbi lainnya.

5. Tehnik perawatan tanaman bawang merah

Cara budidaya bawang merah cepat sukses yang selanjutnya yaitu tehnik perawatan. Disinilah letak berhasil tidaknya anda dalam budidaya bawang merah. tehnik perawatan ini mencakup, penyiraman bawang merah, pemupukan bawang merah, pengendalian hama dan penyakit bawang merah, dan lain sebagainya. Bagaimana cara melaksanakan perawatan tanaman bawnag merah yang baik dan benar?
Silahkan baca : Cara merawat tanaman bawang merah yang baik dan benar

Demikianlah sedikit berita wacana Panduan Lengkap Budidaya Bawang Merah Cepat Sukses, semoga bermanfaat.
Panduan Lengkap Budidaya Bawang Merah Cepat Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :