Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Kacang Kedelai Secara Lengkap

Dasar Pertanian - Kedelai atau kacang kedelai merupakan salah satu tanaman berjenis polong-polongan yang mana tanaman ini merupakan tanaman yang selalu dijadikan materi dasar makanan dari Asia Timur ibarat tahu, tempe dan juga kecap. Kedelai atau dalam bahasa ilmiah memiliki nama Glycine max, sangat banyak di budidayakan di Indonesia. Mengingat kebutuhan masyarakat akan pangan, dalam hal ini sumber protein yang tinggi, maka hal ini menjadi materi perhatian bagi pemerintah untuk meningkatkan lagi produksi kedelai. Kenapa produksi kedelai perlu di tingkatkan? alasannya yaitu kedalai yaitu satu-satunya materi utama pembuat tahu, temp edan kecap.

Mengenal pembagian terstruktur mengenai dan morfologi tanaman kacang kedelai ini sangat penting sekali, terlebih kalau anda ingin membudidayakan kacang kedelai ini. Tanaman ini tumbuh dengan baik didaerah yang tinggi dan memiliki unsur hara yang baik. Adapun pembagian terstruktur mengenai danmorfologi tanaman kacang kedelai mampu anda baca berikut ini.

 Kedelai atau kacang kedelai merupakan salah satu tanaman berjenis polong Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Kacang Kedelai Secara Lengkap


Klasifikasi dan Morfologi Kacang Kedelai


Adapun pembagian terstruktur mengenai tanaman kedelai antara lain sebagai berikut :


Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo : Fabales
Famili : Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus : Glycine
Spesies : Glycine max (L.) Merr

Sedangkan morfologi Tanaman Kacang Kedelai yaitu sebagai berikut :


1. Akarnya

Akar kacang kedelai memiliki ciri khusus dan berbeda dengan tanaman lainnya. Salah satu ciri khas akar kedelai yaitu adanya basil rhizobium yang bermanfaat. Bahkan basil ini akan tetap ada dan sangat indah untuk tanah apabila proses panen tidak dicabut akarnya. Kaprikornus sebaiknya panen kacang kedelai dengan menggunakan sabit atau alat potong lainnya. Intinya tinggalkan akar didalam tanah.

2. Batangnya

Sedangkan ciri batang tanaman kedelai yaitu perdu (semak) dan tidak berkayu. Batang kedelai ini memiliki ciri-ciri berbulu halus. Batang kedelai ini memiliki banyak cabang antara 4-6 cabang.

3. Daunnya

Ciri daun kacang kedelai ini ibarat dengan tanaman kacang panjang dan memiliki rata-rata 3 helai daun di setiap ranting bantangnya. Daun kedelai muda berwarna hijau dan kalau sudah bau tanah berwarna kekuningan.

4. Buahnya

Buah kacang kedelai ini berbentuk polong layaknya tanaman kacang-kacangan lain. Dalam satu buah terdapat kira-kira 3 biji kacang kedelai. Polong yang masih muda berwarna hijau dan kalau sudah bau tanah berwarna kecoklatan.

5. Bijinya

Biji kedelai ini memiliki bentuk yang bervariasi tergantung dari jenis varietas yang kita tanam. Pada umumnya bentuk biji kacang kedelai yaitu bulat, namun mampu juga agak lonjong bergantung varietasnya.

Itulah sekilas info ihwal Klasifikasi dan Morfologi Kacang Kedelai, biar bermanfaat.
Mengenal Klasifikasi dan Morfologi Kacang Kedelai Secara Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :