Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Cara Ampuh Membasmi Gulma Alang-alang Dengan Mudah

Dasar Pertanian - Gulma merupakan musuh bagi petani yang kehadirannya sangat mengganggu pertumbuhan tanamam. Gulma merupakan rumput liar yang tumbuh pada lahan kosong maupun disekitar tanaman yang dibudidayakan. Namanya saja rumput liar, tentu tumbuhnya liar dimana saja dapat tumbuh. Gulam ini memiliki macam-macam jenis, ada gulma berdaun lebar, ada juga gulma berdaun sempit. Salah satu pola gulma yang sering kita jumpai yaitu rumput ilalang atau biasa disebut juga alang-alang. Cara membasmi gulma alang-alang sangatlah mudah, namun bagi yang tidak tahu ini merupakan hal yang sulit. Untuk mengetahui penjabaran perihal gulma anda mampu baca penjelasannya pada artikel yang ada pada link dibawah ini.
Silahkan baca : Klasifikasi dan Jenis-jenis Gulma

Tadi sudah di singgung perihal gulma alang-alang, apakah anda tahu apa itu gulma ilalang atau alang-alang? Gulma alang-alang yaitu salah satu rumput liar yang tumbuh pada lahan tanah keras yang memiliki ciri-ciri daun tajam. Pertumbuhan gulma ini sangat cepat sekali, terutama pada lahan yang habis dibakar. 

Untuk membasmi gulma alang-alang ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, berikut penjelasan singkatnya.

 Gulma merupakan musuh bagi petani yang kehadirannya sangat mengganggu pertumbuhan tanamam Cara Ampuh Membasmi Gulma Alang-alang Dengan Mudah
Gambar gulma alang-alang ( Foto original admin dasar-pertanian by Wahyu H.W )
 

Cara Ampuh Membasmi Gulma Alang-alang


1. Menggunakan herbisida

Cara membasmi gulma alang-alang yang pertama yaitu dengan menggunakan herbisida yang memiliki materi aktif glyphosate atau isopropyl amina glyphosat (anda mampu lihat pada kemasannya) yang mana herbisida ini mampu anda beli di toko pertanian terdekat. Setelah anda medapatkan herbisida yang dimaksud, maka sebaiknya segera anda semprotkan pada alang-alang yang mengganggu.

2. Dengan cara menebas lalu membakarnya

Cara membasmi alang-alang yang selanjutnya yaitu kita tebang alang-alang tersebut, setelah kering lalu kita bakar, namum memperabukan alang-alang ini juga mempercepat pertumbuhan alang-alang itu kembali.

3. Mencabut hingga keakarnya

Jika gulma alang-alang yang mengganggu tidak banyak, cara membasminya cukup dengan mencabutnya hingga ke akar-akarnya. Dengan mencabut alang-alang ini akan membuat pertumbuhan alang-alang menjadi lama.

Demikianlah sedikit berita perihal Cara Ampuh Membasmi Gulma Alang-alang, mudah-mudahan bermanfaat dan menambah ilmu serta wawasan anda semua.
Cara Ampuh Membasmi Gulma Alang-alang Dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eks Harland
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :