Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Mengenal Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Kacang Panjang

Dasar Pertanian - Hama dan Penyakit Tanaman atau biasa di singkat HPT ialah salah satu organisme pengganggu tanaman yang menjadi faktor penyebab gagalnya budidaya tanaman. Hama dan penyakit ini pada umumnya selalu ada pada ketika kita membudidayakan tanaman, baik tanaman buah, maupun tanaman sayur. Seperti pada tanaman sayur kacang panjang, jenis hama yang banyak menyerang tanaman kacang panjang ialah ulat penggerek dan kutu daun. Namun tidak hanya hama tersebut saja yang sering kali menyerang kacang panjang, ada jenis hama yang serupa yang sangat mengganggu pertumbuhan kacang panjang. Selain hama, penyakit juga menjadi faktor pengganggu tanaman dan penyebab gagalnya budidaya kacang panjang.

Mengenal jenis hama dan penyakit pada tanaman kacang panjang sangat penting sekali, alasannya dengan kita mengetahui jenis-jenis hama pada kacang panjang dan juga kita tahu apa saja penyakit pada tanaman kacang panjang, maka kita mampu mengantisipasinya sedini mungkin. Setidaknya kita mampu melaksanakan pencegahan supaya hama dan penyakit tidak menyerang tanaman kacang panjang yang sudah kita tanam dengan susah payah. Jika kita tidak tahu apa saja hama pengganggu tanaman kacang panjang dan penyakit apa yang sedang menjangkit tanaman kacang panjang, tentu kita sendiri yang akan mengalami kerugian. Biasanya tanaman yang sudah terserang hama dan penyakit pada level yang tinggi,akan sulit untuk membasminya.

Pada kesempatan kali ini dasar-pertanian mencoba menyebarkan berita ihwal jenis hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman kacang panjang. Untuk itu silahkan anda baca hingga tuntas artikel ini. Mudah-mudahan bermanfaat dan mampu menambah ilmu serta wawasan anda semua. Berikut ini penjelasannya.

 ialah salah satu organisme pengganggu tanaman yang menjadi faktor penyebab gagalnya kebijaksanaan Mengenal Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Kacang Panjang


Hama dan Penyakit Tanaman Kacang Panjang


Hama


1. Kutu Aphids croccivora

Jenis hama ini merupakan hama yang sangat berbahaya dan menjadi salah satu hama penyebab gagalnya budiadya kacang panjang anda. Hama kutu ini pada umumnya selalu menyerang pada area daun kacang dan hidup bergerombol dibalik daun. Akibatnya yang akan timbul ialah daun kacang akan mengearas dan menggulung kedalam. Penanggulangan hama kutu Aphids croccivora ini ialah dengan menyemprotkan insektisida.

2. Ulat Penggerek Polong Maruca restualis

Jenis hama kacang panjang selanjutnya ialah Ulat Penggerek Polong Maruca restualis, atau biasanya dikenal dengan sebutan ulat pengerek daun. Hama inijuga menjadi hama yang berbahaya pada tanaman kacang panjang kalau tidak segera dibasmi. Akibat ulah dari hama ulat ini, daun kacang panjang akan habis dimakan dan menyebabkan tanaman menjadi tidak produktif. Cara penanggulangan hama Ulat Penggerek Polong Maruca restualis ini ialah dengan menyemprotkan insektisida.
Baca juga : Cara Ampuh Mengendalikan Hama Penyakit Kacang Panjang

Penyakit


1. Penyakit Karat Daun Uromyces sp

Jenis penyakit yang sering menyerang tanaman kacang panjang diantaranya ialah Penyakit Karat Daun Uromyces sp, yang mana penyakit ini merupakan penyakit mematikan yang harus dicegah sebelum menyebar keseluruh adegan tanaman. Ciri-ciri tanaman kacang panjang yang terserang penyakit ini ialah munculnya bercak berwarna kecoklatan pada daun kacang panjang, yang kalau dibiarkan, maka bercak tersebut akan menjadi besar dan menyebabkan caun kacang menjadi kering. Jika seluruh daun kacang panjang kering, lama kelamaan tanaman kacang panjang juga akan mati. Cara mengendalikannya ialah dengan menyemprotkan fungisida seperti: Score 250 EC dan Anvil 50 SC.

2. Penyakit Bercak Daun Cescospora sp

Penyakit pada kacang panjang lainnya ialah Penyakit Bercak Daun Cescospora sp, dampak yang terjadi jawaban serangan penyakit ini ialah daun kacang akan menjadi kering dan mati. Adapun cara mengendalikannya sama dengan cara diatas yaitu menyeprotkan fungisida Score 250 EC dan Anvil 50 SC secara benar.

Itulah beberapa Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Kacang Panjang, mudah-mudahan artikel singkat ini dapat menambah dan memperkaya wawasan anda ihwal hama dan penyakit pada tanaman kacang panjang. Semoga bermanfaat.
Mengenal Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Kacang Panjang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :