Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Usaha Budidaya Jangkrik Rumahan yang Menguntungkan

Budidaya jangkrik bukanlah hal baru bagi masyarakat indonesia. Bididaya ini sudah ada sejak lebih dari 15 tahun yang lalu. Namun ahir – ahir ini di internet, booming mengenai usaha ternak jangkrik. Umumnya jangkrik digunakan sebagai makanan burung atau ikan. Tidak lain karena kandungan protein dan zat lainya yang dipercaya mampu menunjang kualitas suara burung berkicau.

Pada mulanya ternak jangkrik hanya dijalankan oleh para breeder untuk makanan burung mereka. Namun semakin hari permintaan pasar semakin tinggi hingga muncul ide untuk membudidayakan jangkrik. Walaupun beberapan tahun lalu usaha ini sempat meredup. Tetapi ahirnya kembali booming, semenjak bertambahnya penghobi burung berkicau.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Kenari Kualitas Super Dengan Cepat

Jangkrik yang tersebar di wilayah indonesia memiliki banyak jenis. Hal ini disebabkan perbedaan iklim setiap daerah. Diatara sekian banyak jenis, ada dua yang paling banyak dibudidayakan yaitu  Gryllus Mitratus dan Gryllus testaclus. Menurut beberapa pembudidaya kedua jenis jangkrik ini paling mudah dibudidayakan dibanding yang lainya.

Cara Ternak Jangkrik 

Jangkrik Dewasa

Persiapan Kandang

Beberapa point yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kandang yaitu, memiliki lokasi yang tenang, jauh dari kebisingan, terhindar dari sinar matahari, dan memiliki aliran udara yang bagus. Terhindar dari predator jangkrik seperti reptile, semut dan ayam.

Selanjutnya adalah pembuatan kandang, ukuran kandang bebas sesuai keinginan anda. Untuk bagian alas buat dari triplek atau kayu, usahakan jangan sampai berlubang. Pada bagian sampingnya anda dapat mengunakan mesh atau kawat nyamuk yang lubangnya sangat kecil.  Untuk tempat makan dan bertelur anda dapat menggunakan nampan plastik. Tambahkan sedikit pasir pada nampan untuk bertelur jangkrik. Tambahkan juga egg tray (wadah telur ayam) yang terbuat dari karton. Terahir tambahkan lakban plastik pada pinggiran atas kandang.

Pembibitan dan Pemeliharaan

Calon indukan yang berkualitas dapat anda beli di peternak jangkrik. Atau  Kalau tidak ada bisa anda beli pada penjual jangkrik. Indukan yang bagus memiliki ciri, bertubuh besar, gesit dan tidak ada cacat. Pada tahap awal jangan sampai telat dalam pemberian makan jangkrik. Karena biasanya jangkrik dewasa memakan anakan yang masih lemah. Selain itu perhatikan juga jika ada serangga lain yang masuk ke kandang jangkrik.  Prosentase setiap kandang yang bagus adalah 10:2 antara jantan dan betina.

Setelah indukan sudah mulai bertelur, pada hari 5 pisahkan telur dari induknya. Dan pindahkan ke kandang lain untuk ditetaskan. Jangan lupa menyemrotkan larutan antibiotik (cotrymoxale). Ke dalam kandang.  Pada proses  ini , telur perlu disemprot air tiap hari demi menjaga kelembapan kandang. Untuk satu kandang baru cukup diberi 3 sendok telur jangkrik, tergantung dari besar kecil kandang tersebut.

Pemberian pakan diberikan saat anakan sudah mencapai umur  satu hari. Anakan jangkrik diberi makanan kacang – kacangan yang digiling halus. Seperti jagung, kedelai dan beras merah. Setelah du minggu atau anakan sudah tumbuh besar. Makanan di alihkan ke sayur – sayuran, seperti sawi, kol dan bisa juga ketela. Sedangkan makanan untuk indukan yang dikawinkan adalah bekatul, ketimun , sayuran dan telur yang dicampur jadi satu.

Pada ternak jangkrik ini umumnya dapat panen pada 40 – 60 hari. Tergantung jumlah kandang anda. Pada saat panen biasanya ada peternak yang hanya mengambil jangkrik dewasa. Ada juga yang memanen jangkrik sekaligus  telurnya. Untuk yang kedua biasanya peternak yang sudah cukup besar dengan kandang lebih dari 10. Setelah panen tree yang masih bagus dijemur untuk dipakai lagi, sedangkan yang rusak sebaiknya dibuang untuk diganti baru.
Usaha Budidaya Jangkrik Rumahan yang Menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eks Harland
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :