Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Budidaya Buah Naga yang Menguntungkan



Tahukah anda tentang buah naga ? Walaupun bentuknya lebih mirip telur alien, namun jangan salah manfaat dan rasanya sangat mengagumkan. Buah berbiji hitam kecil – kecil ini memiliki cita rasa segar dan sedikit manis. Menurut beberapa orang, buah naga mampu mengobati berbagai penyakit termasuk kanker.

Asal Muasal Buah Naga

Pada dahulunya buah naga tumbuh subur di dataran meksiko dan amerika selatan. Tumbuhan sejenis kaktus ini kemudian pada tahun 1870 dibawa ke vietnam oleh orang perancis dari guyana. Dan hingga kini buah naga (dragon fruit) tersebar ke wilayah asia termasuk indonesia.
Buah Naga
Buah Naga


Asal nama buah naga adalah dari bahasa cina thang loy (buah naga). Sebabnya dulu karena dianggap membawa berkah oleh orang cina dan vietnam. Buah ini diletakkan diantara dua ekor patung naga. Dengan warnanya yang merah mencolok diantara dua naga hijau. Dari kebiasaan ini dikenalah nama thay loy yang kemudian diterjemahkan di eropa dan negara lain sebagai Dragon fruit (buah naga). Namun ada juga yang berpendapat asal nama Buah Naga karena sisik yang menyerupai naga pada buah tersebut.

Nilai Ekonomi Buah Naga

Buah naga kini menjadi alternatif petani buah di beberapa daerah di Indonesia. Selain untuk persediaan buah lokal, ternyata buah ini memiliki prospek yang menjanjikan untuk di ekspor ke luar negri. Bahkan di China, buah ini selain difungsikan sebagai konsumsi, juga dijadikan pelengkap dalam upacara tradisional. Dari permintaan dalam dan luar negeri inilah yang menjadikan prospek buah ini semakin menjanjikan.

Cara Budidaya Buah Naga

Pembudidayaan buah naga sebetulnya cukup mudah. Seperti pada pembibitan kaktus, cukup dengan memotong batang yang sudah tua dengan jarak 20 cm. Potong meruncing pada bagian yang akan ditanam. Potongan tersebut setidaknya mempunyai 4 mata tunas. Keringkan dahulu, lalu masukkan pada cairan fungisida. Kemudian tinggal di tanam pada media tanam tumbuhan kaktus, yaitu campuran pupuk, sekam dan sedikit tanah. Tanam bibit tersebut pada polybag yang sudah diberi campuran media tanam. Lakukan penyiraman 3 kali sehari hingga bibit berukuran 70an cm.
Setelah berukuran 70an cm, pindahkan ke media tanam yang sudah diberi tiang. Bentuk tiang menyerupai payung dengan tinggi 2m dan beri ban motor diatasnya. Sebelum menanam beri campuran dolomit dan pupuk kandang dengan perbandingan 10 : 1, jadi 10kg pupuk dicampur 100 gram dolomit.

Buah naga umumnya berbuah pada umur 1 tahunan. Dengan sekali panen menghasilkan 10-25 buah per pohon. Untuk menghasilkan buah yang besar, usahakan buah yang ada hanya 10 per pohon. Jadi bakal buah yang tumbuh kita pangkas. Kec jika ingin menjualnya ke toko dengan ukuran kecil, hal ini tidak perlu dilakukan.

Saat ini di pasaran terdapat empat jenis buah naga yaitu buah naga putih, hitam, kuning dan merah. Namun yang umum adalah buah naga putih dan merah. Walaupun memiliki warna yang berbeda namun manfaatnya tetap sama untuk kesehatan. Dari segi ekonomis Buah Naga masih menguntungkan hingga saat ini, terahir harga perkilonya mencapai 20 ribu rupiah.

Budidaya Buah Naga yang Menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eks Harland
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :