Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Cara Mudah Memulai Usaha Rumahan Frozen Food

Dijaman yang serba instant ini, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan Frozen Food (Makanan Beku ). Sebenarnya teknik mengawetkan makanan dengan disimpan pada ruangan dingin sudah ada sejak berabad – abad lalu. Daerah yang mengenal cara ini umumnya adalah beriklim dingin. Baru kemudian dikenalkan secara umum di dunia barat pada tahun 1929 oleh Clarence Birdseye. Idenya muncul pada tahun 1912 – 1916, ketika dia melihat penduduk di sekitar wilayah Labrador mengawetkan hewan buruan dengan cara dibekukan.
Dengan adanya Frozen Food memang sangat berguna bagi kehidupan dimasa sekarang. Selain kepraktisanya, Frozen Food dapat disimpan pada waktu lama di Lemari Es, dan ketika dibutuhkan dapat langsung dimasak. Frozen Food terdapat berbagai macam jenis diantaranya adalah bakso, otak – otak, dan nuget. Jika anda ingin memulai bisnis frozen food ada baiknya baca dulu beberapa tips dibawah ini.
Cara Mudah Memulai Usaha Rumahan Frozen Food
Image By David Holt

Pemilihan Produk

Berbagai macam produk makanan beku (Frozen Food) dapat anda temui di pasaran. Namun Sebelum anda memulai bisnis ini, ada baiknya anda melakukan riset pasar terlebih dahulu. Catat beberapa produk makanan beku yang sedang trend atau banyak disukai oleh konsumen. Selain itu perlu juga melakukan riset ketersediaan bahan baku disekitar wilayah anda. Umumnya bahan baku yang cukup melimpah adalah daging sapi dan ayam. Namun jika tempat tinggal anda berada di dekat laut ada baiknya mencoba dari bahan baku seafood.

Pemasaran Produk

Setelah anda memiliki produk untuk dijual, tahap berikutnya adalah pemasaran kepada konsumen. Pemasaran dapat dilakukan secara online maupun offline. Pada pemasaran secara online, perlu anda pikirkan sistem pengiriman kepada konsumen.  Hal ini tidak berlaku jika pasar yang anda tuju hanya didalam kota, karena konsumen dapat langsung datang ketoko anda. Beda lagi dengan cara offline, pemasaran dilakukan dengan menitipkan ketoko – toko atau lewat agen yang bekerja sama dengan anda. Lebih lanjut anda dapat menerapkan sistem waralaba pada bisnis anda.

Penyimpanan Frozen Food

Untuk menjaga kualitas dari produk makanan beku anda penting sekali memilih alat pendingin yang berkualitas bagus. Karena makanan beku sangat terpengaruh dari perubahan suhu. Selain menjaga dari bakteri suhu pendingin juga menjaga kualitas dari produk itu sendiri.

Ijin dan lisensi dari Pemerintah

Ijin dan lisensi juga penting untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Terutama Sertifikat Halal dan sertifikat dari badan POM. Karena dengan adanya kedua sertifikat ini, konsumen tidak ragu untuk memilih produk yang anda jual. Selain dua sertifikat diatas jangan lupa mengurus ijin usaha di kantor pemerintahan di kota anda.

Berikut beberapa tips dari saya, kesuksesan dalam berbisnis froozen food tidak lepas dari kerja keras dan keuletan dalam menjalaninya.

Cara Mudah Memulai Usaha Rumahan Frozen Food Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eks Harland
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :