Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Sebelum menuju pembahasan mengenai cara membuat makalah. Mari baca terlebih dulu makna dari makalah itu sendiri. Menurut pengertianya makalah karya tulis yang menyajikan suatu bahasan masalah berdasarkan fakta dan tertulis secara sistematis. Karya tulis ini umumnya dibuat oleh pelajar dan mahasiswa dengan tujuan menyelesaikan tugas dari tempat mereka belajar.

Bagi anda yang masih berstatus pelajar pasti sudah tidak asing dengan makalah. Bahkan hampir setiap hari para pelajar ini mendapatkan tugas kelompok membuat makalah dengan topik bahasan yang berbeda – beda. Untuk membuat makalah sendiri cukup sulit. Kesulitan yang paling mendasar adalah pada penulisan dan format dari makalah itu sendiri. Menurut BSN karya tulis bisa masuk golongan makalah jika karya tulis unik dan belum pernah dipublikasikan, bersifat ilmiah, logis serta topik yang dibahas sangat jelas.
Baca Juga : Contoh Proposal Usaha Terbaru
Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar
Image Source Pixabay

Sekarang kita bahas tahapan dalam membuat suatu makalah. Disini akan dijelaskan secara umum gambaran proses dari terbentuknya makalah. Langsung saja simak penjelasan cara membuat makalah di bawah ini.

Cara Membuat Makalah

Tentukan Tema atau Topik Bahasan

Tema merupakan landasan anda membuat suatu makalah. Topik bisa diperoleh dari masalah – masalah yang ada disekitar kita. Oleh karena itu dalam makalah ada bab yang menjelaskan latar belakang masalah. Yang perlu diperhatikan tema atau topik bahasan haruslah berguna bagi pembaca, sesuai dengan kemampuan anda dan didukung oleh sumber informasi yang jelas. Jadi sebelum anda memutuskan tema yang diambil, anda harus mempelajarinya terlebih dahulu. Jangan sampai mengambil tema diluar kemampuan kita, karena hasil makalahnya nanti tidak bisa maksimal.

Buat sistematika berfikir

Buatlah step – step dari pembuatan makalah anda. Mulai proses pencarian tema hingga penulisan sebaiknya dibuat dalam satu rencana terpadu. Yang dimaksudkan disini adalah langkah kerja dalam pembuatan makalah

Menentukan Ide Pokok

Ide pokok berasal dari rumusan masalah yang telah anda tentukan sebelumnya. Bisa dibilang Ide pokok merupakan bahasan terperinci dari rumusan masalah.

Membuat Hipotesa Sementara

Hipotesa sementara adalah Jawaban sementara dari masalah yang anda bahas di makalah. Disebut hipotesa sementara karena jawaban ini belum diuji sehingga belum mendapatkan jawaban yang sesuai dengan keadaan sesungguhnya.

Mengumpulkan Materi

Materi yang dimaksud disini adalah sumber bacaan yang membahas topik dalam makalah anda. Sumber materi bisa dari buku, penelitian serta wawancara langsung pada seorang ahli.

Penulisan Makalah

Setelah semua proses selesai kini saatnya anda menuliskan hasil tersebut dalam sebuah makalah. Dalam proses pembuatan makalah tulisan menjadi hal paling utama. Penulisan makalah memiliki peraturan umum seperti dibawah ini :
  1. Menggunakan font times new roman dengan ukuran 12.
  2. Line spacing 1,5.
  3. Menggunakan kertas A4.
  4. Margin kanan : 4, kiri : 3, atas : 4, Bawah : 4.
  5. Mencantumkan sumber informasi atau daftar pustaka.
  6. Mengunakan format penulisan formal seperti Nama harus huruf besar, Bahasa asing ditulis miring, mengunakan EYD yang benar Dan lainya.
Pada tahap terahir ini bisa anda pelajari lebih lengkap pada pelajaran Bahasa Indonesia atau lewat Kamus Besar Bahasa Indonesia. Untuk contoh - contoh daftar isi makalah, Kata pengantar, dan makalah yang benar dapat anda unduh di bawah ini.

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eks Harland
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :