Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Ingin Memelihara Atau Beternak Lovebird Simak Ulasan Berikut

Ternak lovebird ~ Budidaya lovebird Sedang digandrungi seeder. Lovebird begitulah burung ini disebut. Asal mula pemberian nama tersebut, berdasarkan kegemaran burung ini untuk saling berdekatan satu dan lainya. Sehingga mirip sepasang kekasih. Burung lovebird senang hidup berpasangan, oleh karena itu sangat disarankan menaruh sepasang lovebird pada satu kurungan.
Mereka adalah burung yang sangat aktif, bahkan jika lovebird sudah jadi. Mereka dapat berkicau sepanjang hari. Dihabitat aslinya yaitu afrika, mereka hidup dalam kelompok kecil berjumlah antara 10 – 20 ekor. Lovebird masuk di kelas Aves, Genus Agapornis dan Anggota Psittaciformer sehingga kalau dilihat sekilas sangat mirip burung beo. Love bird dapat bertahan hidup hingga 15 tahun, tergantung dari kualitas makan dan perawatan. Bahkan dikabarkan ada yang berumur sampai 20 tahun.


Beternak Lovebird
Lovebird

Jenis lovebird

Hingga kini diketahui terdapat 9 spesies lovebird  didunia, diantaranya

Dimorfik seksual

1. Abyssinian Lovebird

2. Redfaced Lovebird

3. Madagaskar Lovebird (Grayheaded)

Seksual monomorfik (Similar)

1. Lovebired Pipi Hitam (Blackfaced)

2. Fischer Lovebird

3. Masked Lovebird (Black Masked atau berkerah kuning)

4. Nyasa Lovebird (Lilian)

5. peachfaced Lovebird (Rosyfaced)

Ditandai dengan Rings mata:

Tanpa Rings mata:

1. Madagaskar

2. Redfaced

3. peachfaced

4. Abyssinian

Dengan Rings Mata

1. Masked

2. Fischers

3. Nyasa

4. Pipi Hitam

Sebelum  membeli lovebird sebaiknya simak beberapa ciri berikut ini
  1. Burung aktif
  2. 4 jari terbentuk dengan baik, 2 depan dan 2 belakang, kuku harus lengkap
  3. Mata cerah dan bulat
  4. Lubang hidung yang jelas
  5. Bulu yang tebal dan tidak ada tanda – tanda rontok
  6. Paruh yang sempurna
Jika anda menemukan love bird dengan bulu yang rontok dan ada tanda kecacatan sebaiknya jangan dibeli. Memang bisa untuk disembuhkan , namun hal ini akan memakan biaya dan waktu. Lebih baik membeli lovebird dengan sertifikat dari peternak yang menjelaskan burung ini sehat.

Cara beternak lovebird

Pertama yang harus anda siapkan adalah indukan dari lovebird. Ciri dari indukan lovebird yang baik adalah jantan berumur 8 bulan dan betine 1 tahun. Kemudian dalam satu kandang taruh satu jantan dan tiga betina. Untuk lovebird suara atau kicau jantan harus memiliki kualitas suara yang bagus, lebih baik pilih jantan yang menang kontes. Beda lagi dengan lovebird warna, disini anda pilih betina dengan corak warna yang berbeda – beda sehingga menghasilkan anakan dengan warna eksotik.

Kedua adalah persiapan kandang, umumnya para peternak menggunakan ukuran kandang 50cm persegi dengan glodok didalamnya (kandang kayu). Glodok dapat anda beli di pasar burung atau membuat sendiri dengan bahan kayu. Siapkan juga serabut kelapa atau rerumputan yang nantinya akan digunakan sebagai sarang.

Ketiga proses pengeraman, Ketika proses pengeraman diharapkan suasana kandang yang sunyi. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 21 hari. Lebih bagus meletakkan kandang jauh dari kegiatan manusia. Ketika sudah 26 hari tetapi telur belum menetas, ambil telur sehingga lovebird dapat bertelur kembali. Umumnya telur yang tidak menetas disebabkan gagal dibuahi oleh jantan.

Keempat pemilihan makanan, pemilihan makanan sangat penting untuk menghasilkan anakan yang bagus. Makanan bervariasi akan menambah nutrisi bagi burung itu sendiri. Berikan buah buahan segar kepada lovebird anda terutama kangkung dan jagung. Untuk asupan kalsium dapat menggunakan tulang sotong dan telur rebus sebagai sumber protein. Sebagai tambahan berikan juga campuran biji – bijian yang banyak dijual di petshop. Makanan yang harus dihindari adalah makanan dengan kadar lemak dan gula yang tinggi. Dan jangan lupa mengganti air minum setiap hari. Untuk lovebird anakan berikan bubur bayi, ini dilakukan ketika anakan sudah berumur 2 mingguan. Ketika menginjak umur dua bulan anda dapat memberikan pakan di tempat pakan untuk melatih anakan mencari makan sendiri.

Sebagai tambahan taruh lampu 5watt dikandang lovebird dan jaga suhu kandang di kisaran 25 derajat celcius. Jauhkan burung kutilang dan sejenisnya dari kandang, karena akan merusak suara dari lovebird sendiri.
Ingin Memelihara Atau Beternak Lovebird Simak Ulasan Berikut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eks Harland
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :