Kumpulan Peluang Usaha Rumahan | Bisnis Rumahan | Contoh Proposal Usaha | Cara Budidaya | Info Bisnis Lainya

Budidaya Jahe Merah Dengan Media Polybag Serta Manfaatnya

Peluang Usaha Jahe Merah ~ Siapa yang tak kenal dengan jahe ? tanaman ini sudah biasa kita gunakan sebagai minuman atau bumbu masak. Rempah – rempah satu ini sudah dikenal sejak jaman kerajaan dulu. Tapi bagaimana dengan  Jahe Merah ? mungkin anda baru mendengar, atau pernah mendengar tapi belum pernah melihatnya. Memang jahe yang satu ini sedang  marak dibudidayakan oleh masyarakat. Bahkan ada salah satu produk minuman terkenal yang mengunakan ekstrak dari tanaman ini.
Jahe Merah
Source : google
Sekilas Mengenai Jahe Merah
Jahe merah ( Zingiber officinale var.rubrum ) Dibanding jahe lain kandungan minyak asirinya jauh lebih banyak. Sedangkan dari segi bentuk rimpang jahe merah berstruktur kecil dengan ruas rata, berwarna kecoklatan dan kulitnya kemerahan. Untuk asal dari tanaman ini terdapat perbedaan pendapat. Yang pertama menyebutkan dari india sedangkan lainya percaya kalau jahe merah berasal dari tiongkok.

Manfaat jahe merah secara umum adalah untuk menghangatkan badan. Namun karena kandungan minyak asirinya yang banyak tanaman ini dapat digunakan sebagai obat asma. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan  jahe merah dapat menangkal radikal bebas.

Alasan Membudidayakan Jahe Merah
Sebenarnya saya agak pesimis dengan  peluang bisnis dari jahe merah ini. Namun karena rasa ingin tahu ahirnya saya bertanya kepada teman  saya tentang budidaya dan prospek  usaha dari jahe merah.  Dari hasil diskusi dengan teman saya dapat disimpulkan sebagai berikut:
  1. Jahe merah dapat ditanam hampir di semua tempat. Jika anda tinggal di rumah dengan  pekarangan sempit, jahe merah bisa ditanam di polybag.
  2. Peluang usaha rumahan jahe merah masih sangat luas, karena banyak yang membutuhkan tanaman ini baik skala lokal maupun  internasional. 
  3. Tidak perlu perawatan khusus untuk menanam jahe merah. 
  4. Modal awal yang relatif murah.
Mulai Bisnis Jahe Merah
Bibit Jahe merah bisa anda dapatkan dengan harga 3500 rupiah saja. Dari satu bibit dapat menghasilkan 5 Kg  jika cara menanam anda benar. Berikut daftar harga secara rinci
  • Polybag    : 4 x Rp 25.000 (@ isi 29 )  = Rp. 100.000.-
  • Bibit Jahe : 100 x 3500                         = Rp. 350.000.-
  • Lain – lain = Rp. 300.000
      Total biaya Rp. 750.000

Biaya diatas tidak pasti karena harga bisa berubah setiap saat. Setelah semua bahan sudah lengkap tahap selanjutnya adalah penanaman. Pertama yang harus dilakukan adalah penyemaian bibit kurang lebih selama 5-6 hari sampai mengeluarkan tunas. Kemudian tunas jahe merah dipindahkan kedalam polybag. Untuk setiap polybag cukup didisi dengan dua tunas jahe merah. Yang setiap polybag sudah diisi campuran tanah dan  bokashi dengan perbandingan 3:1. Pada minggu pertama usahakan menyiramnya setiap pagi dan sore agar tunas baru tidak layu. Umur 2 bulanan jika muncul rimpang di permukaan timbun dengan campuran tanah dan bokashi. Hal ini dilakukan sampai jahe siap panen diumur 8 bulan keatas yang ditandai daun mengering. Agar  hasil yang di dapatkan lebih optimal anda dapat menambahkan pupuk organik cair.

Dari 100 bibit jika anda menghasilkan minimal 50 Kg Jahe merah,  keuntungan bersih sebesar Rp 250.000.- . Dengan harga per kilogram sebesar 20 ribu. Padahal menurut teman saya 1 bibit bisa menghasilkan 5 Kg Jahe merah dan harga pasaran berkisar 20 – 35 ribu rupiah. Kalau anda benar – benar serius menekuni usaha ini, dalam waktu delapan bulan, anda dapat panen dengan keuntungan bersih sebesar 3 Jutaan perbulanya.

Lihat artikel keren lainya di mulaiusaharumahan.blogspot.com
Budidaya Jahe Merah Dengan Media Polybag Serta Manfaatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eks Harland
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :